Mobil Murah Datsun Rp75 Juta Diperlihatkan

Setelah tertidur 35 tahun, Datsun kini menjadi mobil murah.

Senin, 15 Juli 2013, 11:06 Sandy Adam Mahaputra, Herdi Muhardi
Sketsa mobil murah Datsun.
Sketsa mobil murah Datsun. (Datsun.com)
VIVAnews – Merek mobil legendaris Datsun kembali dihidupkan Nissan Motor Company, siang ini, Senin 15 Juli 2013. Datsun yang sudah "tertidur" selama hampir 35 tahun, akan melakukan World Premier di New Delhi, India.

Datsun diplot Nissan menjadi mobil murah yang dipasarkan di negara berkembang seperti India, Afrika, Rusia, serta Indonesia, dengan kisaran harga 400 ribu rupee (Rp75 jutaan).

Beberapa waktu lalu, sketsa wajah dan bodi mobil pertama Datsun model hatchback dengan kode nama K2, telah sedikit dibocorkan dalam situs resmi Datsun.

Mobil ini akan menjadi produk perdana yang dipasarkan bagi konsumen India, serta generasi pertama dari rangkaian model Datsun terbaru yang akan diluncurkan pada 2014.

Model pertama Datsun menggunakan platform yang sama dengan March atau Micra, termasuk mesin 1.2 liter bensin yang mampu menghasilkan tenaga 75 hp.

Di India, calon konsumen mobil Datsun merupakan masyarakat yang ingin beralih dari sepeda motor ke mobil. Datsun memperkirakan konsumen itu memiliki penghasilan sekitar 30 ribu rupee atau sama dengan Rp5,4 juta per bulan.

Untuk pasar negeri Hindustan, Datsun akan berhadapan dengan Chevrolet Beat, Hyundai Eon, dan Maruti Wagon-R.

Nissan berharap merek Datsun dapat terjual 150 ribu hingga 200 ribu mobil setiap tahun di India. Dengan menggunakan bahan baku campuran lokal, mobil Datsun akan lebih terjangkau dan dapat dibeli oleh kalangan menengah ke bawah.

Di Indonesia, Datsun bakal masuk dalam program mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC). Mobil itu akan menjadi penantang serius si kembar dari Toyota-Daihatsu yakni Agya-Ayla, Honda Brio Satya, Suzuki dengan Wagon R G-II Concept.

Nissan Motor Indonesia rencananya memperlihatkan Datsun pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS), pada September 2013. (art)


© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com
Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Kode Etik | Lowongan
Copyright © 2014 PT. VIVA Media Baru