Rupiah Tembus 10.000, Bisnis Mobil Galau

Mobil City Car di IIMS 2012
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Pelemahan nilai tukar rupiah yang telah menembus level Rp10.000 terhadap dolar Amerika Serikat, menjadi kecemasan bagi pelaku bisnis mobil di Indonesia. Pasalnya, mereka masih bergantung pada bahan baku impor yang dibeli dengan mata uang asing.

Prabowo Minta Pendukungnya Tak Lakukan Aksi di MK

Ketua III Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Johnny Darmawan mengatakan situasi ini sebenarnya sudah diprediksi karena imbas dari krisis ekonomi Eropa.

"Kalau situasi seperti ini, saya tidak yakin penjualan tahun ini tembus 1,2 juta unit (prediksi Gaikindo). Mungkin sedikit berkurang jadi 1,1 juta unit," kata Johnny, Rabu 17 Juli 2013.

Ahli Ungkap 7 Tanda Sekarat hingga Sebabkan Kematian, Apa Saja?

Menurut dia, kondisi seperti ini kuncinya ada di Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM). Mungkin ATPM bisa pintar-pintar mengatur produksi untuk menjaga stok tetap sehat. 

Sebab, kalau ingin menggejot produksi yang terjadi stok menumpuk. Imbasnya adalah perang diskon, tapi itu membuat pasar tidak sehat.

MK Pastikan Tak Ada Deadlock Putuskan Perkara Sengketa Pilpres

"Kalaupun produksi dikurangi, biaya tetap, pasti rugi dan target tidak tercapai. Jadinya dilema juga," analisis pria yang menjabat Bos Toyota Indonesia.

Sebelumnya, berdasarkan data Jakarta Interbank Spot Dollar Rate Bank Indonesia (JISDOR), Selasa 16 Juli 2013, nilai tukar dibuka di level Rp10.036 per dolar AS. Sementara itu, pada perdagangan sebelumnya, rupiah bercokol di posisi Rp10.024 per dolar AS. (eh)

Hujan lebat melanda Kota Dubai, Uni Emirat Arab (UEA).

Video Detik-detik Muazin Mengubah Lafaz Azan saat Hujan Badai di Dubai, Serukan Sholat di Rumah

Baru-baru ini media sosial dikejutkan sebuah video viral yang menarasikan seorang muazin di masjid Dubai Uni Emirat Arab mengubah lafaz azannya yang berbeda dari biasanya

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024