Produsen Ban Berharap Ketiban Rezeki dari Mobil Murah

Ban GT Radial
Sumber :
  • Facebook GT Radial

VIVAnews – Tidak hanya produsen mobil yang sedang menunggu hasil akhir keputusan mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC). Sebab, sejumlah perusahaan autoparts dan pelengkapnya juga sama. Termasuk produsen ban, PT Gajah Tunggal (GT) Tbk.

Menjadi penghasil ban di negeri sendiri dan di distributorkan ke sejumlah negara, PT GT Tbk berharap kebanjiran keuntungan setelah hadirnya mobil murah.

Direktur PT Gajah Tunggal Tbk, Catharina Widjaja mengatakan meski mengaku akan terlibat dalam program LCGC, namun dia belum berani membocorkan secara detail sejauh mana persiapannya.

"Yang jelas kita sudah ada beberapa perjanjian dengan produsen mobil yang ikut, tapi kita belum bisa memberikan secara rinci, karena masih menunggu Juklak (Petunjuk Pelaksana)," kata Catharina di Jakarta, Jumat 19 Juli 2013.

Lebih lanjut, Catharina mengatakan, meski saat ini dampak LCGC belum terlihat, tapi dia memastikan tahun depan akan mulai dirasakan.

Di sisi lain, ia berharap adanya mobil murah bisa diikuti dengan pertumbuhan infrastruktur, terutama jalan raya, agar dapat mengurangi kemacetan akibat semakin tinggi jumlah kendaraan.

Catharina menyampaikan kuartal pertama di 2013, perusahaan mendapatkan laba bersih hingga Rp344 miliar. Laba bersih itu didukung penjualan ban sepeda motor yang tinggi.

LIVE: Momen Bersejarah Raja Aibon Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak TNI ke Letkol Danu

"Pendapatan bersih ini meningkat 35 persen dari Rp254 miliar di kuartal pertama 2012, karena meningkatnya margin pendapatan,” katanya.

PT GT Tbk juga membukukan penjualan bersih sebesar Rp3.038 miliar di kuartal pertama tahun ini, sedikit di bawah tingkat penjualan pada periode yang sama tahun lalu.

Menurutnya, perusahaan mengalami pelemahan permintaan ekspor ban GT Radial yang disebabkan terus berlarutnya pelemahan ekonomi di Eropa dan Amerika Serikat.

Sedangkan pasar domestik tetap berkinerja baik, di mana penjualan ban sepeda motor menjadi penyumbang terbesar. (adi)

Catherine Wilson

Terpopuler: Catherine Wilson Malu sampai Atta Halilintar Kirim Doa

Round-up dari kanal Showbiz pada Jumat, 19 April 2024. Salah satunya tentang Catherine Wilson yang merasa malu karena mobil pemberian Idham Masse ditarik leasing.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024