Siasat Atasi Bosan Saat Mudik

tips mudik
Sumber :
  • U-Report

VIVAnews - Mudik menjadi salah satu ritual yang sangat ditunggu-tunggu menjelang hari raya Lebaran. Jutaan warga akan meninggalkan kota agar bisa bertemu sanak saudara di kampung halaman.

Bagi Anda yang memilih menggunakan kendaraan pribadi, mudik akan diwarnai kemacetan panjang. Karena itu ada baiknya Anda mempersiapkan diri menghadapi ganasnya kemacetan.

Kemantapan fisik dan mental tentu menjadi hal utama, karena badan yang tak sehat bisa membahayakan perjalanan. Berikut beberapa tips mempersiapkan mudik aman, seperti dikutip dari berbagai sumber:

- Hindari bepergian saat kondisi tubuh sedang lelah atau mengantuk
- Selalu sediakan obat-obatan pribadi dan bekal makanan maupun minuman
- Jangan membeli cemilan sembarang tempat
- Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi prima, mulai dari tekanan ban, oli, saringan udara, aki, hingga kelistrikan.

Agar perjalanan Anda lebih menyenangkan, Anda bisa memanfaatkan smart gadget. Misalnya, memanfaatkan GPS untuk melacak kemacetan dan jalur alternatif. Bagi pengendara pemula yang belum hafal jalan, Anda juga bisa memanfaatkan Google Maps.

Tentu Anda harus memastikan bahwa semua baterai perangkat pintar Anda itu terisi penuh.  Dengan teknologi supercanggih ini, Anda pun punya alternatif agar tak terjebak macet berjam-jam.

Selain itu, Anda pun butuh hiburan. Perjalanan belasan jam harus Anda bikin menyenangkan, sehingga tak ada kebosanan di antara anggota keluar.

Karena itu, Anda bisa memanfaatkan teknologi untuk hiburan. Anda bisa menonton film kesukaan atau mendengarkan lagu tanpa henti langsung dari USB, CD, maupun DVD. Anda juga bisa saja menonton dari ponsel, tablet, atau laptop Anda.

OJK Beberkan Kunci Hadapi Memanasnya Dinamika Ekonomi Global

Selamat merencanakan mudik Anda! (eh)

Prabowo Subianto

Langkah Prabowo Larang Pendukung Demo di MK Dinilai Bisa Jaga Kesejukan Demokrasi

Presiden terpilih Prabowo Subianto mengimbau para pendukung atau simpatisannya untuk mengurungkan aksi di Mahkamah Konstitusi (MK) atau tempat lainnya jelang putusan MK.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024