Jadi Tumbal Mobil Murah, Suzuki "Matikan" Karimun

Karimun Estilo Baru
Sumber :
  • Dok. Suzuki

VIVAnews – Kehadiran mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC), memaksa Suzuki Indomobil Sales (SIS) "membunuh" mobil perkotaannya, Karimun Estilo.

"Terus terang saja kami menyesal, kami pikir aturannya LCGC akan keluar cepat, ternyata sampai semester kedua tahun ini tetap belum jelas," kata Davy Tuilan, direktur Marketing & DND SIS, Kamis 1 Agustus 2013.

City car berkapasitas 4-5 penumpang itu, juga sempat dilakukan cuci gudang ditambah cashback yang cukup besar pada tahun lalu, tepatnya di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012.

Lebih lanjut, Davy mengaku, kehadiran Estilo di Tanah Air tetap memiliki banyak peminat. Meski dihentikan penjualanya, SIS menjamin untuk after sales dan keperluan mengenai Karimun Estilo akan tetap terpenuhi sesuai standar yang berlaku.

"Kalau tahu seperti itu, Karimun masih kami jual pada awal 2013. Karena, pada akhir 2012, kami memutuskan untuk tidak jual Karimun lagi," tambahnya.

Untuk menggantikan keberadaan Karimun Estilo, SIS memang menyatakan ikut dalam program pemerintah mengenai LCGC.

Rencananya, SIS akan memperkenalkan secara resmi mobil murahnya di IIMS 2013. Jika sertifikasi aturan mobil murah telah selesai, SIS mengaku bakal blak-blakan mengupas jeroan mobil murahnya. Mulai dari spesifikasi mesin, harga, dan nama.

Untuk saat ini, mereka menyebut calon mobil murahnya dengan nama Wagon R G-II Concept. Di India, Wagon R memiliki mesin bensin K10B 1.0 liter yang menghasilkan 67 Hp/6.200 rpm dan torsi 90 Nm/3.200 rpm.

Netizen Murka Disebut Suara Paslon 02 Nol: Mungkin Aku yang Dimaksud Angin Tak ber-KTP

Mesin itu dikawinkan dengan transmisi manual lima kecepatan. Wagon R juga punya pilihan mesin LPG dan CNG yang ramah lingkungan. (art)

Xabi Alonso

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil

Keinginan Liverpool mendatangkan Xabi Alonso untu musim depan nampaknya menjadi semakin kecil. Karena dikabarkan pelatih asal Spanyol itu mau bertahan di Bayer Leverkusen

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024