Lebaran, Toyota Panen Keuntungan dari Avanza

All New Avanza Veloz
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi
VIVAnews
Respons Polisi soal Pengakuan Mengejutkan Sopir Truk Pemicu Kecelakaan Beruntun di GT Halim
- Momentum Hari Raya Idul Fitri 1434 H, di mana banyak konsumen yang membeli kendaraan untuk keperluan mudik, menjadi berkah tersendiri bagi produsen mobil terbesar di Indonesia, Toyota.

Cak Imin Dikabarkan Maju Pilgub Jatim, PKB Ingin Fokus di MK Dulu: Tidak Lama Hanya 14 Hari

Tercatat, Toyota membukukan total penjualan 39.212 unit sepanjang Juli 2013 atau tumbuh 11,6 persen dibandingkan bulan sebelumnya, yakni 35.127 unit. Pertumbuhan Juli didorong segmen kendaraan penumpang yang membukukan total penjualan 37.030 unit.
Mudik Pakai Mobil Listrik, Perhatikan Suhu Cuaca dan Ban


"Secara keseluruhan, penjualan passenger car
Toyota pada Juli tercatat sebanyak 37.030 unit. Jumlah itu tumbuh sekitar 12,6 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya sebanyak 32.890 unit,"
General Manager Corporate Planning & Public Relation
PT Toyota Astra Motor, Widyawati, Kamis 15 Agustus 2013.


Menurut Widya, pertumbuhan permintaan terhadap kendaraan penumpang didorong banyaknya konsumen yang membeli kendaraan untuk mudik lebaran.

 

Sepanjang Juli 2013, pertumbuhan penjualan Toyota di segmen kendaraan penumpang antara lain didorong oleh segmen sedan,
Multi Purpose Vehicle
(MPV), serta
Sport Utility Vehicle
(SUV).


Segmen sedan dengan
line-up
produk antara lain Vios, Corolla, Camry, dan 86, membukukan total penjualan 2.713 unit pada Juli 2013 atau tumbuh 44 persen dibandingkan dengan Juni 2013 sebanyak 1.884 unit.


Untuk segmen MPV Toyota mencatatkan pertumbuhan 16,4 persen, yakni dari 23.759 unit pada Juni 2013 menjadi 27.662 unit pada Juli 2013.


Pertumbuhan salah satunya disumbangkan Toyota Avanza yang selalu menjadi
backbone
di segmen ini, yakni sebanyak 21.307 unit atau tumbuh 17,8 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya.


Walaupun persaingan di segmen ini semakin ketat, Toyota Avanza terbukti masih menjadi pilihan utama keluarga di Indonesia.

 

Sejak diperkenalkan pertama kali di pasar otomotif nasional pada 2004 hingga saat ini, Avanza mencatatkan kinerja penjualan yang baik, dengan membukukan angka penjualan domestik 1.019.807 unit.


Adapun, penjualan Toyota di segmen SUV tercatat sebanyak 4.342 unit. Di segmen ini, pertumbuhan penjualan pada bulan lalu dikontribusi oleh Toyota Rush sebanyak 2.790 unit dan Fortuner (4x2) sebanyak 1.552 unit.


Hingga 7 bulan pertama 2013, Toyota sudah membukukan total penjualan 254.256 unit atau tumbuh 6,6 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu 238.583 unit.


Kendaraan penumpang membukukan total penjualan 232.622 unit pada Januari—Juli 2013 atau berkontribusi hingga 91,5 persen dari total penjualan Toyota. Sementara, kendaraan niaga tercatat sebanyak 21.634 unit. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya