Klimaks Penantian Mobil Murah Ayla dan Agya

Baru diluncurkan setelah hampir setahun diperkenalkan ke publik.

Kamis, 5 September 2013, 17:08 Sandy Adam Mahaputra
Toyota Agya dan Daihatsu Ayla
Toyota Agya dan Daihatsu Ayla (VIVAnews/Herdi Muhardi)
VIVAnews - Bagi Anda yang sudah menanti lama mobil murah Daihatsu Ayla dan Toyota Agya, ada kabar baik. Ya, mobil 1.000cc itu akan diluncurkan secara resmi untuk pasar Indonesia pada Senin pekan depan, 9 September 2013.

Peluncuran baru bisa dilakukan setelah hampir setahun Agya dan Ayla pertama kali diperkenalkan ke publik pada 19 September 2012.

Kepastian itu diterima setelah VIVAnews mendapatkan undangan peluncuran si kembar. Ayla akan lebih dulu diluncurkan pada pagi hari, sedangkan Agya menyusul siang harinya.

Ayla dan Agya merupakan mobil yang diplot untuk ikut program mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC). Belum lama ini, keduanya memang tengah diverifikasi (audit) oleh pemerintah, dalam hal ini Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.

Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian, Budi Darmadi, mengatakan, jika lolos dari ketentuan yang berlaku, mulai dari komitmen investasi APM (Agen Pemegang Merek), kandungan komponen lokal serta persyaratan teknis mobil seperti konsumsi BBM minimal 20 km/liter, peserta LCGC akan mendapat insentif pajak.

Ayla-Agya dibekali mesin berkode 1KR-DE DOHC, 3-silinder berkapasitas 998cc dengan tenaga 64 Hp pada 6.000 rpm serta torsi puncak 86 Nm di 3.600 rpm.

Daihatsu Ayla yang diprediksi dijual mulai Rp76-110 juta akan memiliki lima varian. Sedangkan Toyota Agya bakal hadir dengan empat varian dan harga diprediksi Rp80-115 juta.

Ayla diproduksi di pabrik Daihatsu yang berdiri di Karawang, Jawa Barat seluas 94 hektare. Kapasitas produksi pabrik itu mencapai 120.000 unit per tahun. (art)


© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id