Cara Selamat Honda, Main Mobil Murah Tak Bunuh Brio

Brio Satya
Sumber :
  • VIVAnews/Sandy Mahaputra
VIVAnews
Babak Baru Kasus Hoax Rekaman Forkopimda, Palti Hutabarat Diserahkan ke Kejaksaan
- Beberapa skenario dilakukan Honda untuk bisa ikut bermain di mobil murah ramah lingkungan atau
low cost green car
Berita Man Utd: Erik ten Hag Akui Situasi Bermasalah hingga Kekhawatiran Wright Soal Kobbie Mainoo
(LCGC). Memang bukan perkara mudah, karena dia sudah lebih dulu menjual Brio yang awalnya diplot untuk jadi mobil murah. 

Anindya Bakrie Praises PP PBSI for Indonesian Success in All England
Regulasi LCGC yang sempat tidak jelas dan akhirnya baru terbit pertengah tahun ini, membuat mereka akhirnya memutuskan menjual Brio. Dan ketika regulasi beres atau mobil murah sudah bisa dijual, Honda tetap tak mau ketinggalan. 

Mereka tetap ikut program LCGC dengan menggunakan Brio yang kapasitas mesinnya diturunkan menjadi 1.200cc. Yang kemudian resmi dijual hari ini dengan nama Brio Satya. 

Adapun Brio 1.300cc tetap dijual dengan menambahkan varian baru, di mana spesifikasi mesinnya ikut diturunkan menjadi 1.200cc dan hanya menggunakan transmisi matik. Varian lainnya adalah New Brio Sports 1.3 L pilihan transmisi matik dan manual. 

New Brio 1.2 L A/T dijual mulai dari Rp136 juta untuk tipe E A/T dan Rp131 juta untuk tipe S A/T. Sementara itu, Brio Sport dilepas Rp169 juta untuk tipe E M/T dan Rp179 juta untuk tipe E A/T. 

"Kami melakukan pengembangan terhadap model Brio dengan menghadirkan varian-varian baru dengan fitur yang lebih lengkap dan harga yang terjangkau," ujar Presiden Direktur PT HPM Tomoki Uchida di Jakarta, Rabu 11 September 2013. 

Untuk kenyamanan berkendara, terdapat pula fitur Tilt Steering yang memudahkan pengemudi untuk mengatur posisi tinggi rendahnya roda kemudi untuk mendapatkan posisi berkendara yang paling nyaman. 

Sementara itu, electric power steering (EPS) berfungsi untuk membuat setir menjadi lebih ringan pada kecepatan rendah dan mantap pada kecepatan tinggi sehingga manuver semakin lincah namun tetap stabil di berbagai kondisi jalan. 

New Brio kini hadir juga dengan penambahan fitur pada bagian eksterior maupun interiornya. Fitur baru pada eksterior seperti fog lamp, rear wiper, dan rear chrome garnish melengkapi fitur yang sudah ada seperti body colored side mirror (tipe E & S), body colored door handle (tipe E & S), 14 inchi alloy wheel (tipe E & S), dan tail gate spoiler

Sedangkan interiornya, dilengkapi dengan audio system double din AM/FM, single disc, MP3/WMA + aux input + USB Port + made for iPod (tipe E), front + rear speakers (tipe E & S). 

Untuk varian Brio 1.2 L mengusung mesin i-VTEC SOCH 1.200cc dengan 4 silinder yang mampu menghasilkan tenaga 88 PS yang terbesar di kelasnya.

Didukung teknologi drive by wire (DBW), grade logic control, dan shift hold control, New Brio tak hanya bertenaga tapi juga hemat bahan bakar dan telah memenuhi standar emisi EURO4.

"New Honda Brio telah lolos uji tabrak di fasilitas real world crash test Honda di Tochigi, Jepang," kata Direktur Marketing dan Purna Jual HPM, Jonfis Fandy.

Untuk fitur keselamatan terdapat dual SRS airbags, pretensioner seatbelt with load limiter, peranti pengereman ABS + EDB, plus rangkan bodi berteknologi G-Force Control (G-CON) + advanced compantibility engineering (ACE). 

"Dengan varian baru, termasuk mobil murah Satya, Brio akan memenuhi semua yang dibutuhkan dari city car, baik first time buyer maupun additional car users," tambah Jonfis. Dari semua varian ini, HPM mematok target 4.000 unit per bulan, di mana 30 persennya adalah Brio Satya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya