Review: Menguji Kelincahan New Brio 1.2

New Brio 1.2
Sumber :
  • Dokumentasi Honda Prospect Motor (HPM)
VIVAnews
Thailand Prime Minister Welcomes Albino Buffalo to Government House
- Usai Toyota dan Daihatsu resmi meluncurkan Agya-Ayla, selang dua hari giliran Honda meluncurkan mobil murahnya, Brio Satya.

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil

Selain menyodorkan mobil murah ramah lingkungan atau
Netizen Murka Disebut Suara Paslon 02 Nol: Mungkin Aku yang Dimaksud Angin Tak ber-KTP
Low Cost Green Car (LCGC), Honda juga menghadirkan varian baru yaitu New Brio A/T 1.2 L

Meski secara mesin sama dengan Brio Satya, namun mobil ini diklaim lebih mengedepankan fitur lebih lengkap. Tapi, secara kasat mata mobil ini tak ada perubahan alias sama seperti varian Brio 1.3 L atau Brio Satya.

New Brio yang disematkan mesin i-VTEC SOHC 1.2 liter 4 silinder juga dapat melontarkan tenaga 88 Ps dengan torsi 11,1 Kg.m. Teknologi terkini juga tersemat dalam mobil ini adalah
Drive by Wire, Shift Hold Control
dan
Grade Logic Control
.


Interior New Brio 1.2


VIVAnews
berkesempatan menguji kelincahan varian Brio terbaru itu. Panitia acara menantang media melakukan
Sliding U-Turn
, layaknya sebuah pertunjukan atau serial dalam film. Di mana saat melaju mobil sedikit drifting lalu terparkir lurus.


Bertempat di kawasan Senayan, panitia menempatkan tiga cone di tiga sudut dengan bentuk persegi panjang berukuran 3x4 meter. Sedangkan satu sudut sengaja tidak ditempatkan dengan maksud agar mobil dapat masuk ke dalam kotak.


Setiap peserta wajib memarkirkan Brio ke dalam kotak itu. Pembalap nasional Alvin Bahar memperagakannya. Hasilnya, meski beberapa kali dicoba mobil tersebut bisa mulus masuk ke dalam kotak.


Aksi ini sengaja dilakukan guna mencoba fitur
Tilt Steering
yang dapat mempermudah pengemudi mengatur posisi tinggi rendahnya roda kemudi agar mendapat kenyamanan.


Ditambah lagi adanya
Electric Power Steering
(EPS) yang berfungsi membuat setir lebiih ringan pada kecepatan rendah dan mantap dikecepatan tinggi.


New Brio juga memiliki sistem pengereman
Anti-Lock Braking System
(ABS) dan
Electronic Brakeforce Distribution
(EBD).


Tampilan belakang New Brio 1.2


VIVAnews
langsung menjajal tantangan yang sudah diberikan. Karena menggunakan transmisi matik, perseneling dipindahkan ke posisi
Drive
(D). Sengan kecepatan antara 40-60 km/jam dengan jarak yang tak sampai 50 meter bahkan kurang, mobil pun melesat.


Saat mendekati kotak, mobil sedikit dibelokan dan rem tangan ditarik penuh (jangan diinjak rem kaki). Hasilnya, mobil yang dikendari sempurna masuk ke dalam kotak dan tanpa menginjak garis ataupun menabrak cone.


Sayangnya, saat tes berlangsung Honda justru tidak menyediakan unit mobil murah Brio Satya untuk dicoba. Padahal kemampuan mobil itu masih menjadi pertanyaan dan perlu dibuktikan secara langsung.


Kesimpulan

Tidak ada perubahan berarti di New Brio 1.2 dibanding versi Brio 1.3, baik itu eksterior maupun interior. Mobil ini cukup lincah karena memang dimensinya kompak--sesuai karakter
city car
.


New Brio 1.2 L A/T dijual mulai dari Rp136 juta untuk tipe E A/T dan Rp131 juta untuk tipe S A/T. Mereka tidak menyediakan pilihan transmisi manual. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya