Kupas Plus Minus Mobil Murah Agya (I)

Toyota Agya.
Sumber :
  • Dokumentasi TAM
VIVAnews
Trade Minister Reveals Cause of Onions Price Hike
- Tidak butuh waktu lama bagi Toyota Astra Motor (TAM) untuk panen keuntungan dari mobil murah ramah lingkungan atau
Low Cost Green Car
Penyakit Menular Arbovirosis Jadi Ancaman Baru, Menkes Budi: Lakukan 5 Hal Ini untuk Menanganinya
(LCGC) miliknya Agya.
Ramal Sandra Dewi dan Harvey Moeis, Hard Gumay: Pokoknya Selesai

Mereka mengklaim setelah tiga jam resmi diluncurkan, Agya langsung terpesan 1.570 unit. Mobil 1.000cc ini dibanderol mulai Rp99,9-120,75 juta On the Road di Jakarta.

Sebelum mobil itu dikirim langsung ke konsumen, Toyota memberikan kesempatan media termasuk VIVAnews untuk menjajal memampuan Agya di Bandung, Jawa Barat, akhir pekan lalu.

Rute yang ditempuh memang bukan dari Jakarta ke Bandung, tapi hanya berkeliling kota Kembang. Mungkin sesuai dengan tipe Agya, yaitu city car alias mobil perkotaan.

VIVAnews
mendapatkan kesempatan menjajal lebih dulu Agya TRD S transmisi matik. Perjalanan pun dimulai dari daerah Paster, Bandung.


Nah, sebelum membawa Agya berkeliling. Ada baiknya untuk membedah tampilan eksterior dan interiornya. Mobil ini memiliki dimensi panjang 3.580, lebar 1.600, dan tinggi 1.530,
wheelbase
2.730 mm dan radius putar 4,4 meter.


Test drive Agya


Tongkrongan Agya memang tidak dibuat mirip dengan kembarannya, Daihatsu Ayla. Meski diproduksi di tempat yang sama yaitu di PT Astra Daihatsu Motor (ADM) kawasan industri Suryacipta, Karawang Timur, Jawa Barat.


Agya TRD S (tipe termahal) terlihat lebih sporty.
Fender
dan
grill
depan didesain cukup ciamik hingga membentuk X. Makin terlihat "ganteng" dengan penambahan
spoiler
,
aerokit
depan, belakang, samping,
emblem
, dan
sticker
TRD-S.


Adapun bodi sampingnya mengadopsi desain garis tegas hingga ke belakang. Menaiknya, kaca samping belakang (penumpang) juga dibuat lebih besar.


Namun sayang, kaca belakang tidak dilengkapi wiper dan tak ada tuas pembuka di bagasi belakang. Artinya untuk membuka bagasi tidak bisa dari luar, tapi dibuka dari dalam mobil.


"Kita memang tidak menyediakan tuas pembuka di bagasi belakang. Pertimbangannya karena fungsinya tidak akan hilang juga, bisa dibuka dari dalam mobil (tombol di kanan bawah pengemudi)," kata
General Manager Technical Service
TAM, Dadi Herdiyandi di sela-sela
test drive
Agya.


Test drive Agya


Agya juga dilengkapi desain
chrome door outside handle
,
side protective moulding
, 6
spoke alloy wheel
175/65 R14,
headlamp
dan
foglamp
dengan aksesoris
chrome
.


Puas melihat tampilanya luar Agya, kini beralih ke dalam kabin.
Dashboard
dibuat menyatu dengan 2 Din Audio CD/MP3/USB/Aux berwarna silver.


Untuk memberikan kesan mewah meski mobil murah, Agya diberi sentuhan
chrome A/C register, chrome list combination meter, chrome parking brake knob
dan
chrome shift lever knob
.


Interior Agya


Tampilan speedometer didesain cukup menarik dan mudah untuk dibaca. Menariknya, sudah ada
Multi Information Display
(MID)--dapat mengetahui konsumsi BBM, jarak tempuh, indikator bensin dalam bentuk bar, dan alarm.


Ada beberapa fitur keamanan dan keselamatan yang disematkan, seperti
Dual SRS Airbag
, sambuk pengaman,
central lock
meski belum
auto lock
--dalam kecepatan di atas 20 km/jam mobil akan terkunci otomotis. Terdapat juga fitur pengaturan kaca spion eletrik yang berada di samping kanan setir.


Interior Agya


Tempat menaruh botol minuman ada setiap pintu depan-belakang dan di baris tengah depan yang persis di atas tuas transmisi.


Kursi berbahan
fabric
namun tidak begitu tebal. Ada juga
headrest
(sandaran kepala) dan sabuk pengaman di kedua baris kursinya. Bagasi belakang cukup muat untuk menaruh satu koper berukuran besar dan dua koper kecil.


Rasa penasaran makin besar untuk menjajal performa Agya, mulai dari sebagai pengemudi maupun penumpang.
Bersambung....


(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya