Jurus Polisi Cegah Kecelakaan Maut: Bidik Arena Balap

Kakorlantas Polri Irjen Pol Pudji Hartanto di Kejuaraan Nasional Drifting 2013
Sumber :
  • VIVAnews/Sandy Mahaputra
VIVAnews
Mudik Lebaran 2024, Pergerakan Penumpang di Bandara Soetta Diprediksi Balik Seperti Sebelum Pandemi
- Meningkatnya kecelakaan lalulintas yang disebabkan banyak pengendara di bawah umur atau belum memiliki SIM, kemudian memacu kendaraan sangat kencang alis ngebut kini menjadi persoalan serius.

Raffi Ahmad Bakal Jadi MC, Kapan Rizky Febian dan Mahalini Menikah?

Akibat ulah ugal-ugalan itu banyak nyawa hilang di jalan raya. Kondisi ini membuat Kepolisian makin getol melakukan razia dan mengampanyekan keselamatan berlalulintas di ajang otomotif terutama kegiatan balap.
Gerhana Matahari Bisa 'Mengocok' Emosi Manusia sampai Mewek


Seperti yang dilakukan Kakorlantas Polri Irjen Pol Pudji Hartanto saat menyaksikan langsung Kejuaraan Nasional Drifting putaran II 2013 di Jakarta International Expo (JIE) Kemayoran Jakarta Pusat, Kemarin.


Pudji sengaja berbaur dengan para drifter yang kebanyakan masih berusia muda. Pemunculan Jenderal bintang dua ini di arena balap lebih dari sekadar menyaksikan aksi para drifter beraksi, tapi juga mengajak para pemacu kendaraan di sirkut untuk menjadi pelopor keselamatan berlalulintas.


"Seharusnya memacu kendaraan secara maksimal ya tempatnya di acara seperti ini, bukan di jalan raya yang bisa menimbulkan kecelakaan ringan, berat, hingga menyebabkan kematian. Di sini kan keselamatan kendaraan dan manusianya sudah dipersiapkan secara matang, sesuai dengan peraturan yang sudah disepakati penyelenggara maupun peserta," kata Pudji.


Dia menambahkan, tanggung jawab untuk selalu tertib dan taat pada peraturan lalulintas bukan hanya tanggung jawab polisi atau pemangku kepentingan lainnya, tapi juga masyarakat sebagai pengguna jalan.


"Bayangkan kalau keselamatan berlalulintas dijadikan budaya, sebagaimana kalau kita haus ya minum dan makan jika lapar. Saya yakin angka fatalitas kecelakaan bermotor dapat ditekan," terangnya.


Pudji berharap para drifter dapat menjadi agen keselamatan berlalulintas di lingkungannya. "Jadi saya minta kepada Anda semua untuk menjadi pelopor keselamatan berlalulintas," kata dia sambil menyematkan pin "Pelopor Keselamatan Berlaluintas" kepada para drifter.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya