Pentingnya Riset Online Sebelum Beli Mobil Baru

Indonesia International Motor Show ( IIMS ) 2013
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews
Kemenkominfo Menggelar Talkshow dengan Tema Jarimu Harimaumu
- Semakin banyak merek dan model mobil yang beredar di pasar, membuat calon konsumen makin kritis ketika menjatuhkan pilihan mana yang akan dibeli.

Sering Dikasih Perhiasan, Fuji Ingatkan Hal Mulia Ini untuk Para Fansnya

Bahkan, kini mereka lebih dulu melakukan riset secara online. Hal itu diperkuat dengan sebuah penelitian iCar Asia (
Viral Keributan Avsec dengan Penumpang di Bandara Soetta, Ini Penjelasan AP II
iCar Digital Shift Research ), di mana hasilnya 87 persen dari pembeli mobil di Indonesia melakukan pencarian informasi kendaraan secara online sebelum mengunjungi dealer.


Pembeli memulai perbandingan dari website, ulasan pemerhati atau pemilik mobil, media sosial, lalu mencari harga secara online dan akhirnya mengunjungi dealer untuk
test drive
.


Hasil studi itu juga menyebutkan, pembeli mobil di Indonesia melewati proses pembelian dalam waktu tiga bulan. Secara total, rata-rata pembeli Indonesia melakukan proses ini hanya selama 1,9 bulan. Lebih singkat dibanding Malaysia yang 2,4 bulan dan Thailand yang 2,8 bulan.


Dari 90 persen responden mengatakan mereka melakukan riset online untuk mobil yang dibeli, 87 persen melakukan kunjungan. Sebelum kunjungan, mereka rata-rata melakukan riset online selama enam kali. Lebih banyak dari mereka melakukan riset ke situs tidak resmi (87 persen), ketimbang situs resmi dari pabrikan mobil (80 persen).


"Dari riset ini, berarti penjual harus berada di tempat dan waktu yang tepat untuk memberikan informasi kepada pembeli dalam mengambil keputusan," kata Damon Rielly, CEO iCar Asia, dalam keterangan tertulis hari ini.


Menurut survei, tiga informasi yang paling dicari pembeli Indonesia dari situs resmi adalah informasi mobil yang akurat, foto-foto terkini dari model terbaru serta ulasan dari pembeli.


Melihat tren itu,
Mobil123.com
mencoba memberikan jawaban dengan merilis panduan beli mobil baru untuk memenuhi kebutuhan riset mobil secara online.


Fitur panduan beli mobil baru ini menyediakan liputan mendalam, rating, dan ulasan mobil baru di Indonesia, perbandingan harga, serta promosi yang disediakan para pabrikan mobil, ditambah lagi tips berguna dari pemerhati yang bisa diandalkan.


"Pembeli mobil mencari tiga hal; informasi, sisi lain dari penggunaan mobil, dan sisi baiknya bagi pengalaman pengguna yang terverifikasi, sederhana, dan efisien". (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya