Mobil Murah Karimun Dipasarkan Akhir Tahun

Mobil Murah di IIMS 2013
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Mobil murah Suzuki Karimun Wagon R memang belum resmi diluncurkan. Namun, PT Suzuki Indomobil optimis, mobil seharga seratusan juta rupiah ini mampu menarik hati konsumen.

"Kami targetkan bisa memproduksi 1.600 unit per bulan. Itu sama dengan penjualannya," kata Direktur Penjualan Roda Empat Suzuki Indomobil Endro Nugroho di Jakarta, Minggu 6 Oktober 2013.

Endro berharap, jika resmi diluncurkan, Karimun Wagon R bisa menjadi fenomenal, layaknya mobil keluarga Ertiga.

Endro mengaku, hingga saat ini, proses verifikasi mobil rendah biaya dan ramah lingkungan (LCGC) dari pemerintah sedang berlangsung. Begitu pula dengan berbagai persiapan, mulai dari vendor komponen, dan pabrik baru juga masih berjalan.

"Kalau verifikasi sudah selesai, kami siap produksi. Mudah-mudahan tak sampai akhir tahun mobil ini sudah dipasarkan," kata Endro.

Saat ini kandungan lokal Karimun Wagon R baru mencapai 70 persen. Tentu ini belum memenuhi persyaratan LCGC yang mencapai 80 persen atau lebih.

Chief Engineering Car Line 1 Departement Suzuki Motor Corp Tokio Matsui mengatakan, meski bikinan Indonesia dengan kandungan lokal tinggi, kualitas kendaraan masih tetap dipertahankan. "Ini sesuai standar yang sudah diterapkan di Jepang," kata Matsui.

Karimun Wagon R memiliki tiga varian, mulai dari GA, GL, dan GX. Ketiga varian dibanderol antara Rp77-99,9 juta.

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot

Sedangkan jantung pacu mobil ini menggunakan mesin bensin K10B. Dengan kapasitas 998 cc, 3 silinder, mesin ini sanggup menghasilkan daya 50 kW pada 6,200 rpm dengan torsi 90Nm/3,500 rpm. (sj)

Jemaah haji Indonesia mendengarkan khutbah Subuh jelang wukuf.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Menurut Direktur Bina Haji PHU Arsad Hidayat, jemaah haji diminta tidak asal membagikan informasi yang beredar di media sosial yang belum jelas kebenarannya.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024