Bedah Mobil Murah Suzuki (1)

Mobil Murah di IIMS 2013
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews
Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar
- Meski belum resmi diluncurkan, PT Suzuki Indomobil Sales telah memperkenalkan mobil murah Karimun Wagon R. Mobil ini akan berhadapan langsung dengan Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Honda Brio Satya, serta Datsun GO & GO+.

Parto Patrio Rela Nahan Sakit Demi Tepati Janji Liburan Keluarga ke Bali

Konon, Karimun Wagon R yang memiliki bentuk lebih boxy, dijual kurang dari seratus juta, dengan kisaran harga Rp77-99,9 juta.
Kisah Sukses di Usia Emas, Mom Selly dan Perjalanan Kariernya di Industri Pertambangan


Sebelum diluncurkan, Suzuki memberikan kesempatan kepada awak media, termasuk VIVAnews
untuk merasakan performa mobil murah.


Seperti kelasnya,  city car, test drive dilaksanakan di Jakarta dan sekitarnya. Rute diambil dari BSD City, Tangerang Selatan, menuju Limo, Depok, dan berakhir di kawasan Bulungan Blok M, Jakarta Selatan. Awak media hanya diberi kesempatan menjajal tipe GX, tipe tertinggi dari Karimun Wagon R.


Sebelum merasakan performa, ada baiknya kita mempreteli apa saja yang ada pada mobil yang memiliki panjang 3,600 mm, lebar 1,475 mm, tinggi 1,670-1,700 mm dan radius putar mencapai 4,600 mm.


Dari segi eksterior, Karimun Wagon R memiliki tampilan sama seperti Karimun kotak yang dulu. Namun untuk, kali ini Karimun dilengakapi blue eyes pada lampu senja, yang diklaim tak dimiliki mobil murah lainnya.


Sesuai dengan aturan yang diharuskan pemerintah dengan menggunakan logo berbau Indonesia, mobil ini pun menyematkan lambang burung garuda pada bagian depan.


Karena tipe tertinggi, mobil ini sudah dilengkapi Roof Rails yang dapat memudahkan saat membawa barang di atap.  Selain itu pada bagian kaki-kaki telah dipasangkan velg racing dengan ring 13.


Saat memasuki ruang kabin, interior seperti dashboard cukup bagus, dengan kombinasi warna krem dan abu-abu sehigga memberikan kesan mewah dengan penempatan panel instrumen yang ditata secara ergonomis dan mudah dijangkau.


Pendingin ruangan bisa diatur dengan empat kecepatan angin dan pengendali temperatur. Sedangkan untuk multimedia disediakan audio 2 din dan empat speaker.


Selain kabin yang lapang, desain kotak mempuat pandangan lebih leluasa. Ruang kaki juga lega, sehingga pengemudi dan penumpang bisa lebih leluasa.


Mobil ini juga dilengkapi indikator yang dapat menginformasikan saat yang tepat untuk memindah gigi, baik naik maupun turun, agar lebih irit bahan bakar.


Di tipe tertinggi ini juga memiliki tempat penyimpanan di bawah kursi depan. Jadi, barang-barang seperti buku dan laptop bisa dimasukkan di tempat ini.


Meski sudah power window, kaca belakang masih menggunakan engkol.


Soal kemudi, saat memasuki beberapa tikungan dan kelokan, stir mobil ini juga sangat ringan karena telah dilengkapi power steering berteknologi electric steering. Sistem kemudi ini diyakini tak membebani kerja mesin.


Ketika memasuki kawasan Jalan Fatmawati menuju Limo, jalannan sempit masih bisa dilahap. Badan yang kecil membuat Karimun mudah bermanuver.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya