Review Spin Diesel: Punya Tenaga Galak, Tapi Irit BBM

Test drive Spin
Sumber :
  • Dokumentasi General Motors (GM) Indonesia

VIVAnews - Spin menjadi pemain baru paling diperhitungkan di segmen MPV (Multi Purpose Vehicle) entry level nasional. Salah satu senjata utama mobil tujuh penumpang itu, yakni memiliki harga terjangkau dan ada varian diesel.

Beberapa waktu lalu VIVAnews telah mengulas Spin. Kali ini giliran menjajal performa dari varian diesel 1.3 LTZ MT.

Untuk desain dan fitur serupa dengan tipe bensin. Spin menawarkan kabin yang lumayan lapang, pelipatan bangku deret kedua dan ketiga cukup mudah, ruang kaki memadai serta banyak tempat penyimpanan barang.

Terdapat fitur double blower menyatu dengan atap, seperti model AC di kabin pesawat. Untuk pengaturan AC dapat diatur penumpang di baris kedua. Desain itu terbilang baru, karena kebanyakan double blower memakan ruang kepala di atas baris kedua.

Nilai minus Spin terlihat begitu beralih ke baris ketiga. Ruang penumpang cukup sempit, hanya muat untuk tiga anak kecil atau dua orang dewasa. Itu pun sudah cukup sesak dengan leg room serba terbatas.

Kursi belakang juga tidak didukung fitur reclining, sehingga terlalu tegak. Ditambah lagi kerasnya jok. Lingkar kemudi bermotif palang tiga mampu memberi keyakinan pengemudi.

Performa

Untuk jantung pacunya, Spin diesel mengusung mesin berkapasitas 1.248 cc 4-silinder turbodiesel dengan common-rail injection (75 ps/4000rpm dan torsi 190 Nm/1750 rpm).

Spesifikasi ini memberikan kemudahan untuk menghadapi kondisi kemacetan alias "stop and go". Tenaga yang dihasilkan pada putaran mesin bawah cukup menggigit.

Tanpa perlu menginjak pedal gas cukup dalam, mesinnya sudah bisa menggerakkan Spin dengan mulus dari kondisi berhenti. Perpindahan transmisi manual 5-percepatan yang diusung Spin lumayan mulus tanpa menemui kesulitan.

Kondisi ini berimbas pada konsumsi BBM yang hemat. Menghadapi kondisi lalu lintas dalam kota yang padat dan terkadang macet, Spin Diesel mampu mencetak konsumsi BBM hingga 13,25 km/liter.

Begitu dicoba di jalur menanjak, Spin tidak mengalami kesulitan melibasnya. Mesinnya tidak kewalahan, baik pada kecepatan rendah maupun menengah.

Langkah Prabowo Larang Pendukung Demo di MK Dinilai Bisa Jaga Kesejukan Demokrasi

Begitu pula ketika dites di jalan bebas hambatan, mesinnya masih memberi dorongan untuk menambah kecepatan --berada di putaran 2.200 rpm pada posisi gigi 5. Alhasil, konsumsi BBM bisa tembus sampai 18,36 km/liter. Namun, kurva tenaganya menurun ketika melewati putaran 2.500 rpm.

Namun, perlu dicatat, bising mesin diesel dan desingan turbo memang sedikit menerobos masuk ke kabin. Terutama saat mobil berakselerasi cepat seperti ketika mendahului mobil lain. 

Dari segi handling juga tergolong baik dan minim efek limbung. Sebagai mobil keluarga, Spin diesel boleh dibilang juara dalam hal torsi besar dan irit BBM. Tentu ini bisa menjadi senjata ampuh memikat konsumen.

Spin diesel yang hanya tersedia dalam pilihan transmisi manual dibanderol Rp195,8 juta (OTR Jakarta dan sekitarnya). Harga tipe ini (LTZ) paling mahal dibanding varian lain termasuk bensin. (art)

Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto Hadiri Akad Nikah Putri Gubernur Jambi

Ketua DPRD Jambi Hadiri Akad Nikah Pernikahan Putri Sulung Gubernur Al Haris

Ketua DPRD Jambi, Edi Purwanto bersama istri menghadiri akad nikah Esy Risdianti, putri sulung Gubernur Jambi Al Haris.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024