Everest, Legenda Ford Keluarga Pegunungan

Sumber :
  • VIVAnews/Hadi Suprapto

VIVAnews - Ford Everest mengawali debutnya di Thailand pada 2003. Ini merupakan mobil SUV tujuh penumpang yang bermain di kelas menengah. Di India, mobil ini dikenal dengan Ford Endeavor.

Sama seperti namanya: Everest, yang diambil dari nama gunung tertinggi di Himayala, merupakan mobil yang didesain untuk daerah pegunungan. Desainnya klasik dan terlihat tangguh. Mirip kembarannya, Mazda BT-50.

Berbeda dari versi sebelumnya, seri ketiga mobil yang berciri khas Amerika Serikat ini hadir lebih mewah dan elegan. Perubahan yang mencolok pada sisi eksterior, terutama bagian depan menonjolkan bahwa New Everest adalah keluarga dari Legenda Ford.

Eksterior
Ford New Everest kali ini tampil lebih berwibawa, dengan sejumlah perubahan di sisi eksterior membuat New Everest memperlihatkan ciri khas DNA Ford sebagai mobil yang tangguh, bergaya, dan dinamis.

Perubahan tersebut, terlihat dari lampu depan yang lebih melengkung dengan sein menyatu. Perubahan lampu depan memaksa untuk berubahnya bentuk kap mesin yang berbentuk kubah di bagian tengah yang  membuatnya kesan kokoh.

Perubahan lainnya terdapat pada desain grill yang mewah dan elegan dengan lapisan krom ditambah dengan emboss tulisan EVEREST yang terletak di atas logo Ford.

Untuk bagian samping terdapat perbedaan sepatbor kiri dan kanan dengan terdapatnya emblem Everest berlapis krom dan di baliknya terdapat seperti kisi-kisi yang memperkokoh tampilan New Everest.

Satgas Pangan Polri: Pasar Murah Harus Digencarkan Jelang Lebaran di Kalteng

Spion juga dilapisi krom dan terdapat lampu sein tambahan pada sisinya, diikuti dengan lampu kecil terletak di bawah spion yang berfungsi menerangi jalan, membantu pengemudi maupun penumpang turun dari mobil.

Sedangkan bagian belakang New Everest juga terlihat hampir sama, tetapi berbeda pada rear spoiler dengan model terbaru dan lampu rem tambahan terletak di balik kaca belakang.

Interior
Kesan mewah dan elegan kental di sisi interior Ford New Everest. Terdapat dashboard dengan desain simpel yang memiliki dominasi warna krem dan perpaduan warna hitam.

Yang juga terdapat di doortrim dari masing-masing pintu. Dengan penambahan Wooden Panels pada dashboard dan doortrim semakin mengentalkan kesan yang mewah pada New Everest LTD.

Pengemudi diberikan kenyamanan untuk mengemudikan New Everest dengan adanya speedometer yang cukup lengkap meskipun terlihat simpel.

Lampu pada panel speedometer juga dapat diatur keterangannya, yang pengaturannya terdapat di samping kanan pengemudi. Pengemudi juga sangat mudah untuk melihat kendaraan di sisi kiri dan kanan karena terdapatnya kaca spion yang besar sehingga leluasa untuk melirik.

Kemudi setir dilapisi kulit agar nyaman untuk digenggam. Semua panel boleh dibilang mudah dijangkau untuk pengoperasiannya.

Layaknya sebuah mobil SUV yang diperuntukan untuk keluarga, New Everest diberikan kelegaan pada bangku pengemudi maupun penumpang di depan, tengah, maupun belakang.

Bangku yang dilapisi kulit sewarna dengan interior di semua baris menyebabkan semakin nyaman untuk diduduki. Pada bangku paling belakang bisa dilipat tanpa mengganggu bangku tengah untuk memuat barang bawaan lebih banyak.

Performa
Ford New Everest TDCi 4x2 LTD memakai mesin yang powerful dengan mesin Ford DURATORQ berkapasitas 2500 cc Diesel berjumlah 4 silinder, 16 katup dan DOHC.

Mesin ini juga didukung Direct Injection Commonrail Turbo with Intercooler sehingga dapat memuntahkan tenaga hingga 143 PS di putaran 3500 Rpm, sedangkan torsi dapat mencapai 33,7 kgm di putaran 1800 Rpm.

Dengan daya sebesar itu, Everest memiliki tenaga yang melimpah. Tak usah ragu bila harus melewati tanjakan tajam meski dengan berbatu.

Sayangnya, mobil yang relatif besar ini tak ergonomis. Dalam kecepatan tinggi, agak sulit dikendalikan. Mungkin ini, karena desain awal untuk mobil keluarga pegunungan. (asp)

Kemenkominfo gelar nobar webinar

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Webinar "Hak dan Tanggung Jawab di Ruang Digital"

Kemenkominfo mengadakan kegiatan webinar “Hak dan Tanggung Jawab di Ruang Digital” dalam rangka meningkatkan literasi digital 50 juta masyarakat Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024