Laporan dari Jepang

Daihatsu Pamer Mobil Anti Tabrak dan Irit BBM

Daihatsu Mira e:S
Sumber :
  • Autoevolution
VIVAnews
Bumi Resources Minerals Bukukan Pendapatan US$46,63 Juta pada 2023
- Impian memiliki mobil yang irit bahan bakar dan anti "senggol" tengah digadang Daihatsu. Melalui program
simple, slim, compact
3 Skincare Ini Jadi Paling Diandalkan oleh Penggunanya
, sejumlah produk baru unggulan diluncurkan.
PKB dan PKS Sepakati Koalisi di Pilkada Serentak 2024, Khususnya di Jateng dan Jatim

Untuk penghematan energi, Daihatsu tengah mengupayakan agar kendaraan makin irit. Salah satunya, mengenalkan konsep eco-run .

Teknologi ini dikenal efisien, karena hanya 20-30 persen bahan bakar yang digunakan untuk menjalankan mesin, sisanya 70-80 persen bagi aktivitas lain, seperti AC dan lain-lain.


"Kami tengah melakukan evolusi manajemen energi, evolusi
body
, dan evolusi
power
," kata
Presiden Director
Daihatsu KC M Mizutani, kepada sejumlah jurnalis Indonesia, termasuk
VIVAnews,
yang mengunjungi pabrik Daihatsu Kyushu, Jepang, kemarin.


Demikian juga untuk keamanan yang kian canggih, Daihatsu menciptakan
smart assist
, sistem canggih di mana mobil akan berhenti secara otomatis bila akan tabrakan. Dalam jarak tertentu, mobil akan berhenti otomatis sebelum menyenggol mobil depannya.


Bersama sejumlah jurnalis Indonesia,
VIVAnews
mencoba keiritan mobil Daihatsu Mira ES yang hanya beredar di Jepang. Saat uji kendaraan tersebut, bahan bahan bakar rata-rata yang dikeluarkan antara 21 km/liter hingga 30 km/liter.


Sementara itu, untuk
smart assist
yang diterapkan pada mobil Daihatsu Move, mobil berhenti otomatis kurang dari satu meter. Mobil ini membantu sistem pratabrakan, dengan adanya sensor di bagian depan.


"Mobil ini belum akan beredar di Indonesia. Masih menunggu kajian lebih lanjut dengan karakter Indonesia," kata Mizutani.


Untuk Indonesia, mobil teknologi canggih yang menggunakan
smart assist
perlu diuji ulang, mengingat pengendara lalulintas di Indonesia memiliki keunikan. Seperti adanya motor yang tiba-tiba menyelip di antara mobil-mobil lainnya.


Sistem teknologi canggih untuk mencegah tabrakan ini mulai beredar 2012 dan sudah dipasang untuk 100 ribu mobil, seperti Daihatsu Mira ES, Daihatsu Tanto, dan Daihatsu Move.


Satu lagi sistem keamanan yang dipamerkan saat
test drive
, adalah menginjak gas, namun tidak menabrak. Di Jepang, sejumlah kecelakaan terjadi karena salah injak.


Bila seharusnya menginjak rem, namun sebaliknya pengendara menginjak gas. Sistem ini juga baru beredar di Jepang, belum diuji coba di negara lain. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya