Mobil Listrik Terbakar, Dahlan Beber Penyebabnya

Dahlan Iskan Jelaskan Terkait Kecelakaan Tuxuci
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan angkat bicara penyebab insiden terbakarnya baterai mobil listrik Gendhis di bengkel kupu-kupu malam, Yogyakarta, Sabtu lalu, 23 November 2013.

"Saya meminta persoalan terbakarnya baterai mobil listrik Gendhis berwarna merah dan putih Sabtu malam lalu, dibuka sejelas-jelasnya," kata Dahlan dalam keterangan tertulis, Senin 25 November 2013.

Menurut Dahlan, terbakarnya baterai mobil listrik yang mirip Alphard itu sebenarnya sangat sepele. Bahkan, berangkat dari niat baik seorang petugas kelas bawah yang sangat peduli dan ingin membantu atasannya.

"Malam itu, empat mobil listrik ada di gudang bengkel di Yogya. Satu mobil listrik Selo dan tiga Gendhis (warna hijau, coklat, dan merah putih). Tiga mobil itu baru dibawa kembali ke gudang setelah ikut pengujian di UGM," kata dia.

Dia melanjutkan, mobil berwarna merah putih tidak ikut diuji coba karena masih dalam penyempurnaan.

Nekat Selundupkan Sabu di Sepatu, Pengunjung Rutan di Tangerang Ditangkap

Sementara itu, dia menambahkan, Walikota Yogya minta agar mobil listrik ditampilkan lagi di Yogya tapi tidak usah semua. Cuma dua saja, Selo dan Gendhis yang warna hijau.

"Dengan niat baik agar mobil siap dipamerkan besoknya, seorang petugas bengkel menge-charge semua mobil listrik. Tetapi, Gendhis warna merah putih seharusnya tidak perlu tapi dia charge lagi," ujar Dahlan.

Padahal, kata mantan bos PT PLN (Persero) itu, baterai Gendhis yang berwarna merah putih itu masih sangat penuh dan belum pernah dipakai karena tidak dibawa ke UGM hari itu.

"Tapi petugas tersebut tidak tahu, kalau listriknya masih penuh. Dia charge dan tidak lihat level isinya. Itulah yang terbakar," jelasnya.

Menurut Dahlan, mobil Gendhis berwarna merah dan putih masih dalam penyempurnaan dan akan dipasang satu alat penyetop otomatis, apabila baterai telah diisi penuh. Namun, petugas itu tidak tahu mobil-mobil mana saja yang telah dipasangi alat tersebut.

"Memang bukan bidang dia, tetapi saya tidak akan menyalahkannya. Inisiatif yang bagus dari petugas tersebut, itu tidak boleh dimatikan. Saya menganggap ini adalah bagian pahit yang harus dilalui, apalagi petugas itu juga sangat bertanggung jawab," kata Dahlan.

Kemudian, petugas itu mendorong keluar mobil Gendhis yang baterainya terbakar ke lapangan rumput di sebelah gudang. Petugas pemadam kebakaran dan polisi juga dihubunginya.

"Atasan-atasannya tidak berada di tempat, karena kejadiannya terjadi sudah jam sembilan malam lebih," kata dia.

Dahlan melanjutkan, karena baterai yang terbakar terpasang di bagian bawah mobil, petugas bengkel itu menggulingkan Gendhis merah-putih dibantu oleh warga sekitar. Tujuannya agar api bisa dipadamkan.

"Asap sempat terisap warga sehingga dadanya sesak, tetapi tidak sampai fatal. Interior dan bodi mobil tidak ikut terbakar. Hanya satu blok baterai yang terbakar. Baterai-baterai di blok lainnya utuh dan tidak rusak," tambahnya.

"Ini satu pelajaran lagi untuk mobil listrik dan pelajarannya tidak sebesar waktu Tuxuci dulu". (asp)

Charly Van Houten dan Muhammad Daud Kolaborasi dalam Lagu Tulang Rusuk
Balai Kota Ho Chi Minh, Vietnam

4 Alasan Kenapa Vietnam Asyik Banget Buat Solo Traveling

Negara dengan spot seru yang lengkap, Vietnam punya segalanya lho! Makanya cocok banget buat solo traveling. Berikut alasan kenapa Vietnam asyik banget buat liburan

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024