Porsche Maut Paul Walker, Mobil Sport Paling "Bahaya"

Porsche Carrera GT
Sumber :
  • Porsche

VIVAnews - Kecelakaan maut yang merenggut nyawa aktor Hollywood, Paul Walker, masih saja menyisakan duka bagi banyak kalangan. Saat kecelakaan diketahui Walker bersama sahabatnya Roger Rodas menggunakan mobil sport Porsche Carrera GT.

Mobil asal Jerman itu masuk salah satu tunggangan paling cepat di dunia. Maka tak heran dibutuhkan keterampilan khusus untuk bisa mengendarai mobil bertenaga super dahsyat itu.

Test driver Porsche yang terkenal Walter Rohrl menyebut mobil ini sebagai mobil sport paling "berbahaya" di jalanan.

Apa yang dikatakan Rohrl sangat beralasan jika melihat spesifikasi Carrera GT. Bahkan, batas kecepatan puncak mobil ini harus dibatasi yakni 330 km/jam.

Rohrl sempat meminta mobil itu dilengkapi sistem kontrol traksi, mengingat perilaku mobil yang sulit ditebak saat berada pada kecepatan tinggi.

"Ini mobil pertama dalam hidup saya, yang membuat saya merasa takut saat mengemudikannya," komentar Rohrl.

Dia menceritakan, pada awal 2013, ia dan tim engineering sempat membatalkan pengujian Carrera GT di sirkuit Nurburgring lantaran saat itu hujan deras.

Tapi Rohrl bersikeras mobil harus diuji dalam kondisi licin dan hasilnya ia menemukan performa menakutkan dari Carrera GT.

"Aku datang kembali ke pit dan berkata kepada para insinyur, kita perlu tombol pengaturan kebutuhan saklar kontrol traksi saat di lintasan basah dan kering," ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan pembalap IndyCar yang juga pemilik Carrera GT, Graham Rahal. Menurutnya bukan sembarang orang bisa menaklukkan mobil sport tersebut.

"Ini mobil balap di jalanan raya. Jadi bukan untuk orang yang tidak memiliki pengalaman berkendara mobil canggih. Tetapi saya rasa Roger Rodas memiliki pengalaman sebagai pembalap. Bagi saya Carrera GT adalah mobil yang masuk urutan 3 teratas terbaik," kata dia.

Manager Porsche Cars Amerika Utara, Doug DeMuro, tak menampik Carrera GT merupakan mobil sport 'gila'. Butuh sekolah khusus untuk bisa mengemudikannya.

"Jika Anda pernah ditawarkan tumpangan, pastikan berpikir dua kali tentang hal itu. Jika Anda pernah mendapatkan kesempatan untuk mengemudi, demi Tuhan hati-hati," ujarnya.

Komentar terakhir datang dari pembawa acara Top Gear, Jeremy Clarkson. Dia memang jatuh cinta dengan Carrera GT. Tapi Clarkson selalu memastikan harus terjaga penuh mengendarai mobil cepat ini.

Terkuak, Identitas Mayat Dalam Koper Hitam di Cikarang Bekasi

Diketahui, Carrera GT hampir meminta korban saat dikemudikan penggila otomotif ternama, Jay Leno. Ia mengalami kecelakaan saat memacunya di Talladega beberapa tahun silam.Mobil itu hilang kendali dan melintir di lintasan trek. Beruntung, Leno tidak mengalami cedera serius. (Sumber: Jalopnik | umi)

Shopee Tawarkan Program Garansi Tepat Waktu, Begini Cara Klaimnya
Alca Octaviani dan Bintang Emon

Istri Bintang Emon Positif Narkoba Gegara Hal Ini

Melalui akun Instagram pribadinya, Bintang Emon mengungkapkan bahwa sang istri positif narkoba. Sontak saja, hal itu langsung membuat sang komika hingga publik terkejut.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024