Tak Punya Spion, Mobil Teririt Dunia Terlarang di AS

Volkswagen XL1
Sumber :
  • Motortrend.com
VIVAnews
Ramalan Zodiak Rabu 17 April 2024, Sagitarius: Hati-hati Karma Mengintaimu
- Raksasa otomotif asal Jerman, Volkswagen kini boleh bangga setelah berhasil membuat mobil teririt di dunia, XL1. Tapi sayangnya, mobil itu tidak bisa masuk pasar mobil Amerika Serikat.


Ditolaknya XL1 lantaran tidak memiliki kaca spion samping. Mobil itu memang menggunakan kamera samping yang terintegrasi dengan layar di interior, agar bisa melihat mobil yang datang dari belakang.
Taktik Netanyahu Gusur Warga Palestina, Israel Bakal Bangun 10 Ribu Tenda di Rafah


Dilaporkan
Forbes
, Sabtu 21 Desember 2013, mobil dua penumpang ini terbentur undang-undang lalulintas Amerika Serikat, mengharuskan setiap mobil yang beredar harus memiliki kaca spion samping.


Menanggapi hal tersebut, Juru Bicara VW Mark Gillies menegaskan, XL1 memang bukan untuk pasar Amerika Serikat. "XL1 tidak pernah dirancang untuk pasar AS," katanya.


XL1 memiliki desain futuristik, di mana bodi menutup setengah ban belakang. XL1 menggunakan bahan serat karbon dan plastik untuk panel bodi, serta alumunium di rangka. Dengan begitu bobot mobil ini hanya 795,1 kg.


Volkswagen XL1 diklaim menjadi mobil paling efisien bahan bakar di dunia. Saking iritnya, mobil itu memiliki konsumsi BBM 313 mpg atau 110,8 km/liter.


Untuk jantung pacu, XL1 menggendong mesin diesel 800cc dua silinder, yang dapat menghasilkan tenaga 47 Hp. Dengan dikawinkan motor listrik, dapat menghasilkan 27 HP, yang berasal dari baterai berdaya 5,5 kWh.


VW XL1 mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam tempo 12,7 detik, sebelum mencapai kecepatan tertinggi 160 km/jam.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya