Tips Aman Mobil Menerobos Banjir

mobil mogok akibat banjir di depan graha simatupang
Sumber :
  • VIVAnews/Dian Widianarko
VIVAnews
Timnas Qatar U-23 Menangis Usai Dihajar Jepang Perempat Final Piala Asia U-23 2024
– Musim penghujan sering kali mencemaskan bagi mereka yang memiliki kendaraan. Genangan air dan banjir dipastikan akan terjadi di sejumlah ruas jalan Jakarta dan sekitarnya.

Rizky Nazar Diisukan Selingkuh, Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad

Jika Anda pemilik kendaraan, diharapkan untuk berhati-hati. Sebab, genangan air yang terlihat cetek kerap menipu. Bahkan, kendaraan bisa terendam yang berujung mogok alias mati total.
Kembali Mencuat, Golkar Tak Ingin Berandai-andai Soal Kabar Jokowi Gabung


Namun, ada beberapa tips dari berbagai sumber bagi pengendara jika akan melintasi daerah banjir.


Pertama
, kenali jalur yang akan Anda lalui. Jika mobil Anda dirasa tak mampu melintasinya genangan jangan harap mencoba. Hal ini berisiko, karena jika mesin terendam sistem kelistrikan akan mati total.


Kedua
, jika Anda cukup percaya melintasi genangan air, jangan sekali-kali mengebut. Hal ini bisa menimbulkan genangan air yang awalnya tenang menjadi bergelombang. Gelombang tersebut membuat air dengan mudah masuk ke dalam mesin.


Ketiga
, pertahankan kecepatan saat melintasi jalur banjir. Jangan lakukan tarik-lepas gas saat melewati genangan, karena dapat membuat knalpot Anda kemasukan air.


Perlu diingat, jika Anda menginjak gas, walau perlahan, knalpot akan mengeluarkan udara. Namun, jika Anda menarik kemudian melepas gas membuat air jadi tersedot dan bisa masuk melalui
intake
atau air filter yang berakibat fatal.


Keempat
, jika sudah melewati genangan air, usahakan jangan langsung mengebut, melainkan injak rem berulang kali. Ini untuk menghindari rem blong karena kampas basah, terutama jika mobil menggunakan rem belakang tromol.


Kelima
, untuk berjaga-jaga, ada baiknya untuk sementara waktu tidak menyalakan perangkat AC atau yang berhubungan langsung dengan aliran listrik. Tunggu sampai kondisi mesin diperkirakan sudah mulai kering. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya