Komponen Ini Wajib Diganti Bila Mobil Mogok Kena Banjir

Mobil Terendam Banjir di Pluit
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Hujan dengan intensitas tinggi terus mengguyur wilayah Jabodetabek, beberapa ruas jalan Ibukota pun tak luput dari banjir. Banyak pengendara mobil nekat menerobos banjir. Ada yang sukses, tapi ada juga yang mogok.

Nah, jika mobil Anda mogok karena terendam banjir, ada komponen yang diwajibkan untuk diganti, bukan hanya diperbaiki. Apa saja komponen itu?

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit

Menurut Kepala Bengkel Plaza Toyota, Parman Suanda, selain mobil harus di servis, ada beberapa part yang diwajibkan untuk diganti jika memang rusak karena banjir.

Seperti komponen rem ABS (Anti-lock Braking System), TCR (Traction Control), airbag, cruise control dan pre loader. "Semua peralatan keselamatan itu harus dilakukan penggantian komponen, bukan perbaikan, bila memang rusak akibat banjir," kata dia.
 
Kata dia, jika komponen tidak tersedia, maka item itu harus dinonaktifkan. Ini untuk mencegah komponen berfungsi secara tiba-tiba. Misalnya, airbag mengembang karena sistemnya tidak berfungsi secara sempurna.

Dia menambahkan pemeriksaan juga harus dilakukan di sektor kaki-kaki, rem dan juga mesin. Tapi, apakah diperlukan pergantian atau cukup diperbaiki saja, tergantung dari riwayat mobil. Sampai sebatas apa mobil tersebut melewati genangan air. (one)

Viral, warung kelontong di Spanyol mirip di Indonesia.

Viral! Warung Kelontong di Spanyol Mirip di Indonesia, Netizen: Ini Mah Warung Madura

Seorang netizen asal Indonesia membagikan pengalamannya berbelanja di warung kecil di salah satu negara Eropa, Spanyol. Ternyata warung di sana seperti di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024