Honda Resmikan Pabrik "Pembunuh" Avanza-Xenia

Karyawan sedang merakit Mobilio
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi

VIVAnews - Guna meningkatkan kapasitas produksi di Indonesia, PT Honda Prospect Motor (HPM) meresmikan pabrik keduanya yang mencapai 28 hektar di kawasan industri kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Menurut Presiden Direktur PT Honda Prospect Motor Tomoki Uchida, pabrik yang dibangun sejak 4 Juni 2012 ini untuk memenuhi peningkatan kapasitas produksi yang mencapai 120.000 unit/tahun.

Jika ditambah pabrik pertama, maka total kapasitas produksi Honda mencapai 200.000 unit/tahun.

"Untuk bangun pabrik ini total nilai investasi mencapai Rp3,1 triliun," kata Tomoki saat Grand Opening 2nd Factory and Honda Mobilio line of Ceremony di Karawang, Jawa Barat, Rabu 15 Januari 2014.

Dengan pabrik baru ini Honda mampu menambah lapangan pekerjaan yang awalnya sebanyak 3.500 karyawan, jadi 7.500 karyawan.

Karyawan sedang merakit Mobilio

Menteri Perindustrian, MS Hidayat mengatakan tingginya minat investasi di sektor otomotif menandakan iklim investasi di Indonesia semakin meningkat dan mampu bersaing dengan negera produsen otomotif lainnya di ASEAN.

"Dengan investasi ini, menjadikan Indonesia basis produksi beberapa model kendaraan merek Honda di ASEAN bahkan dunia saat ini," kata MS Hidayat.

MS Hidayat menambahkan, pemerintah Indonesia bertekad menjaga, meningkatkan dan menyempurnakan iklim usaha yang kondusif. Sehingga para investor mendapatkan kepastian berusaha yang lebih baik, dalam menyusun pengembangan industri secara terukur dan terencana.

Pabrik terbaru Honda ini menjadi tempat produksinya model terbaru mereka di segmen Low Multi Purpose Vehicle (Low MPV), Mobilio.

Mobil tujuh penumpang ini diplot untuk melawan Avanza-Xenia, Ertiga, dan Spin. Honda berambisi menyudahi dominasi si kembar, adapun kisaran harga Mobilio mulai Rp150-180 juta.

Suku Bunga BI Naik Diproyeksi Topang Penguatan IHSG, Cek Saham-saham Berpotensi Cuan

Karyawan sedang merakit Mobilio

Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Habib Aboe Bakar Al Habsy saat memberikan keterangan kepada wartawan di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin, 8 Mei 2023.

PKS Komitmen Bangun Indonesia bersama NasDem dan PKB hingga Sakaratul Maut

PKS berkomitmen membangun Indonesia bersama Partai NasDem dan PKB sampai sakaratul maut; tak ada kamus perpisahan untuk kepentingan bangsa.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024