Awas, Tertipu Beli Mobil Bekas Banjir

Mobil di Basement Plaza UOB
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis
VIVAnews
Lalu Lintas Bundaran HI Padat di Malam Takbiran, Banyak Pemotor Tak Pakai Helm
- Banjir jadi momen yang mengerikan bagi para pemilik mobil. Bila terendam banjir, mobil mereka gampang rusak bahkan mati total.

Posko Mudik Perempuan Bisa Cek Kehamilan, Tekanan Darah Hingga Sedia Kondom! Catat Titiknya

Daripada rugi lantaran membutuhkan biaya besar untuk memperbaiki, mereka justru memilih menjual mobil dalam keadaan mesin rusak dan tidak berfungsinya lagi beberapa komponen.
Cerita Pilu Istri dari YouTuber Palestina, Lebaran Malah Jadi Tahanan Kota


Nah
, bagi Anda yang berencana ingin membeli mobil bekas dalam waktu dekat, diharapkan dapat memperhatikan dan mengetahui ciri-ciri mobil yang telah terendam banjir.


Menurut Lily, pemilik
showroom
mobil di Pasar Mobil Kemayoran (PMK), ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak salah membeli mobil bekas.


Calon pembeli dapat melihatnya secara kasat mata. Seperti terdapat ciri garis gelombang batas terendam baik di bagian
body
ataupun mesin. "Kalau
body
 
sih
kadang mudah hilang, tapi cek lagi pada bagian mesin," kata dia kepada
VIVAnews.


Mobil yang terendam banjir biasanya memiliki bau yang berbeda pada bagian interior. Hal tersebut dikarenakan air banjir yang kotor dan dipenuhi lumpur terserap di bagian jok, karpet, dan
plafon
.


Tidak hanya itu, mobil bekas terendam banjir juga biasanya tidak bisa dihidupkan. Beberapa komponen elektrik seperti skring untuk lampu-lampu serta pada bagian yang menggunakan komputer (mobil di atas tahun 2000) tidak akan berfungsi.


Jika ingin mengetahui lebih lanjut, sangat disaranakan membawa orang yang mengerti mesin. Kalau bisa bawa orang bengkel resmi.


Terakhir, lihat STNK-nya dengan teliti. Kalau alamatnya rawan banjir atau biasa terkena banjir, maka Anda bisa mempertimbangkannya lebih lanjut untuk membeli mobil bekas tersebut. - See more at: http://www.solusimobil.com/testimoni/pembelian/artikel/mau-beli-mobil-bekas-awas-mobil-bekas-banjir-bro#sthash.r0hDxw71.dpuf
Terakhir, lihat STNK dengan teliti. Kalau alamatnya rawan banjir atau biasa terkena banjir, maka Anda bisa mempertimbangkannya lebih lanjut untuk membeli mobil bekas tersebut. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya