Cara Mudah Ketahui Oli Kendaraan Sudah Tercampur Air

Banjir di Muara Baru
Sumber :
  • ANTARA/Fanny Octavianus

VIVAnews - Saat beberapa wilayah Indonesia dilanda banjir, tak jarang kendaraan bermotor memilih nekat menerobos genangan air yang cukup tinggi. Ada yang berhasil, tapi banyak juga gagal alias mogok.

Saat kondisi seperti ini ada hal penting yang harus diperhatikan, terutama masuknya air ke mesin dan bercampur dengan oli.

Lantas bagaimana cara mengetahuinya?

Menurut Parman Suanda, Kepala Bengkel Plaza Toyota, cara paling gampang saat mengganti oli mobil. Jika oli biasa, baru atau bekas tidak tercampur air warnanya akan mengkilap. Tapi kalau sudah tercampur air pasti kelihatan keruh seperti susu.

Memang tidak ada perubahan bunyi pada mesin jika oli tercampur air. Namun bagi yang mengerti mesin pasti dapat merasakannya.

"Makanya perawatan kendaraan usai digunakan melintasi banjir perlu dilakukan. Untuk memeriksa beberapa komponen serta mengganti oli mesin karena berpotensi tercampur air," ujar Parman, Kamis 23 Januari 2014. (eh)

Baca juga:

Pj Gubernur Sumut Optimis Timnas Indonesia Melaju ke Final Piala Asia U-23
Kasat Reskrim Polres Jakarta Selatan, AKBP Bintoro di TKP Polisi Bunuh Diri

Wow! Ada Senjata HS Kaliber 9 Mm di Dalam Mobil Polisi yang Tewas di Mampang Jaksel

Polisi berhasil menemukan sejumlah barang bukti dalam dugaan kasus polisi tewas dari Satlantas Polresta Manado, Sulawesi Utara Brigadir Ridhal Ali Tomi (RAT).

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024