Diserbu Kompetitor, Apa Siasat Avanza?

Mobil Keluarga Murah di IIMS 2013
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Kompetisi mobil Low MPV (Multi Purpose Vehicle) selalu menarik untuk disimak. Maklum segmen ini selalu menjadi penyumbang terbesar penjualan mobil nasional, sekaligus tipe mobil paling dimintai konsumen.

Kondisi ini membuat segmen Low MPV semakin gemuk karena terisi sesak model-model dari berbagai merek. Sebagai pemain lama, Avanza boleh dibilang pionir yang membuat segmen ini jadi "gula-gula".

Setelah 10 tahun beredar di jalanan Tanah Air, satu per satu lawan Avanza terus bermunculan, mulai dari Ertiga, Spin, dan terbaru Mobilio. Tapi mobil buatan Karawang yang diproduksi Daihatsu bersama Xenia, terus membuktikan pamornya di pasar meski digempur kompetior.

Toyota pun merasa tak terancam sekaligus menegaskan siap meladeni kehadiran model anyar. Kata mereka, ada banyak keunggulan di Avanza yang tidak dimiliki para pesaing. Lantas apa saja?

Jaringan distribusi komponen dan layanan aftersales service yang tersebar luas, telah menjadi daya saing tersendiri bagi Avanza, disamping spesifikasi produk yang memang sudah terbukti unggul di berbagai ragam kondisi lintasan infrastruktur jalan di tanah air.

Avanza menggunakan penggerak roda belakang (rear wheel drive/RWD) dan bodi semi chasis. Toyota mengklaim mobil tujuh penumpang ini punya kekuatan besar saat melewati tanjakan dan jalan berlubang, serta durability lebih kuat.

Mobil ini juga memiliki body clearence yang tinggi sehingga mudah melewati banjir. Konsisten Toyota mempertahankan sistem RWD juga memberikan kelincahan, karena mampu bergerak nyaman di area jalanan sempit, dibandingkan mobil menggunakan sistem penggerak roda depan (front wheel drive).

"Sejak dari ide awal, Toyota Avanza memang didedikasikan untuk keluarga Indonesia sehingga desainnya mengacu pada kendaraan yang tidak hanya serbaguna, tapi juga serbakondisi, serbacuaca," kata Rahmat Samulo, Kamis 30 Januari 2014.

Hebat! Pasangan Dokter Ini Lagi-lagi Dibanjiri Rekor MURI

Dia menambahkan, tak cuma memiliki interior lapang, Avanza juga dilengkapi pendukung keamanan (dual airbag), serta desain eksterior stylist, menjadikan Avanza sulit disaingi. Baca juga:
Meski di tengah persaingan makin keras. Tahun lalu, dari 100 konsumen yang membeli mobil baru di segmen low MPV, 49 konsumen diantaranya menjatuhkan pilihan ke Avanza.

Tak heran bermunculannya berbagai idiom populer di tengah masyarakat mengenai mobil ini. "Mobil Sejuta Umat" misalnya, idiom ini lahir untuk menggambarkan begitu memasyarakatnya Toyota Avanza.

Idiom lain yang juga tidak kalah populer adalah "Avanza Mobil Yang Tidak Bisa Disalip". Istilah ini lahir dari begitu maraknya populasi Avanza di jalan raya. Setiap ada yang bisa menyalip (mendahului) Avanza di jalan raya, akan kembali menemukan mobil Avanza berikutnya di depan.

Polisi

Viral Momen Warga Suudzon dengan Polisi, Dikira Razia Ternyata Sedang Bagi-bagi Takjil

pengalaman yang berbeda dialami oleh sekelompok polisi. Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @lambe_turah, beberapa petugas polisi yang mengenakan seragam lengka

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024