Dudu, Lawannya Bajaj dari China

Dudu, kendaraan roda tiga buatan China
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi
VIVAnews
Pembunuhan Sadis Modus Begal ke Mirna Ternyata Pembunuhan Berencana, Otaknya Menantu Korban
- Pameran suku cadang dan aksesoris otomotif, International Auto Parts Accessories & Equip Exbhition (INAPA) 2014 juga menghadirkan beberapa kendaraan baru.

Intip Wahana Baru Rivera Edutainment Park Bogor, Serunya Kumpul Keluarga Sambil Outbound

Salah satunya penantang bajaj di Jakarta yang ditawarkan perusahaan mobil asal China, Xinbang. Kendaraan yang diberi nama Dudu ini biasanya digunakan untuk kendaraan umum dan wisata.
Daftar Sepeda Motor Baru Suzuki April 2024


Director of Foreign Trade Dept
Xinbang, Liu Lianchun memboyong dua model Dudu langsung dari negeri asalnya China yaitu Dudu-01K dan Dudu-02K.


"Ini tahun pertama kita di Indonesia. Tapi di China sudah lebih dari 10 tahun dan jumlahnya sudah ada 15 model dan diantaranya ada mobil empat roda. Dari Filipina sampai Milan, Italia juga kita sudah pasarkan," kata Liu di Hall C, JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Kamis 20 Maret 2014.


"Dudu ada yang menggunakan mesin bensin dan juga listrik. Untuk Pemesanan minimal 22 unit," tambahnya.


Liu mengaku pada hari perdana pembukaan INAPA 2014, kemarin, sudah ada seorang "juragan" kancil-- angkutan umum di Jakarta, yang kepincut memesan Dudu.


"Soal
after sales
tak perlu khawatir, karena kita bisa datangkan langsung dari China ke Indonesia. Seiring berjalannya waktu, kita juga bisa buka dealer di sini," ujarnya.


Soal harga, Dudu dibanderol beragam. Mulai dari US$440 hingga US$4.000 (Rp5-45 juta). Untuk Dudu-01K memiliki panjang 2.650 mm, lebar 1.300 mm dan tinggi 1.750 mm serta menggunakan mesin bensin dengan kode IB175 wind cooling.


Dudu-01K cukup irit bahan bakar, karena hanya menghabiskan 4,5 liter untuk jarak 100 km, dengan kecepatan maksimal mencapai 56 km/jam.


Sedangkan Dudu-02K memiliki dimensi dan kecepatan yang sama dengan 02K. Hanya saja, Dudu-02K menggunakan tenaga listrik sebagai penggerak sebesar 60 Volt 1000 Watt yang disimpan dalam baterai 12 volt 140 Ah.


"Ini fleksibel, konsumen bisa pesan sesuai keinginan, dari mulai penggunaan pintu atau tidak atau juga soal warna," katanya. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya