Jelang Pemilu, Gadai Mobil Melonjak

Mobil bekas Eropa.
Sumber :

VIVAnews - PT Pegadaian cabang Bengkulu mencatat terjadinya lonjakan barang gadai menjelang pelaksanaan Pemilu Legislatif 2014. Sejumlah barang mewah seperti mobil dan emas yang menjadi agunan melonjak hingga 100 persen.

Kepala Pegadaian cabang Bengkulu, Yasrizal, menyebutkan, peningkatan itu terlihat dari tingginya jumlah kendaraan roda empat yang digadai. "Awal Maret lalu, angka gadai mobil paling tinggi 3 unit. Tapi, angka ini perlahan naik, hingga Rabu 19 Maret, sudah mencapai 12 unit," ujar Yasrizal.

Rata-rata tahun produksi kendaraan yang digadai adalah mobil produksi tahun 2000 ke atas. Nominal minimal pencairan sebesar Rp60 juta, bergantung harga pasar mobil yang diagunkan.

Geger Penemuan Fosil Ular Lebihi Ukuran T-rex, Begini Bentuknya

"Sebagian yang menggadaikan mobilnya adalah caleg-caleg yang ingin maju di bursa pemilu tahun ini, sisanya para kontraktor proyek. Tapi, mohon maaf kami rahasiakan namanya," ujarnya.

Sejauh ini, dari total dana yang dicairkan Pegadaian cabang Bengkulu, per 19 Maret, sudah menembus Rp1,2 miliar. Angka ini belum termasuk pencairan dana dari penggadaian emas dan barang berharga lainnya.

Yasrizal juga memprediksi lonjakan ini terus meningkat hingga menjelang hari H pelaksanaan pemilu. Sebab, sejak awal pencairan mobil sebelumnya, masih ada daftar tunggu lain yang ingin menggadaikan mobilnya. "Saya lupa angka tepatnya, tapi yang pasti daftar tunggu sudah ada. Masih dalam proses verifikasi," kata Yasrizal.

Ditaksir tembus Rp8 triliun

Secara terpisah, Lembaga Survei Link Associated (LSLA) Bengkulu, memprediksi terjadi putaran uang di Bengkulu hingga Rp8 triliun selama jelang Pemilu.

Angka ini didapat dari perkiraan ongkos politik dari total 2.500 caleg yang akan bersaing di Bengkulu. Analisis LSLA, modal yang harus disiapkan seorang caleg untuk DPR antara Rp1 miliar hingga Rp2 miliar. DPD mencapai Rp2 miliar, DPRD provinsi Rp500 juta hingga Rp1 miliar. Kemudian, untuk caleg DPRD kota/kabupaten mencapai Rp200 juta hingga Rp400 juta.

"Dari masing-masing biaya modal ini, bila dikalkulasikan akan mendapat angka Rp8 triliun. Putaran uang ini yang akan dinikmati oleh masyarakat Bengkulu," ujar Ketua LSLA, Muchdimon Muchlis. (art)

Jadwal SIM Keliling Jakarta, Bogor, Bekasi, Bandung Kamis 25 April 2024
Ilustrasi kiamat.

Terkuak 5 Kejadian yang Terjadi di Dunia Dikaitkan Ketakutan soal Kiamat

 Kiamat merupakan peristiwa hancurnya kehidupan alam semesta. Kiamat adalah sesuatu yang diyakini dan disepakati oleh ilmu pengetahuan maupun agama. Tak ada satupun tahu

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024