Membuka Selubung Carnival Anyar, Seberapa Menarik?

All New KIA Sedona (Carnival)
Sumber :
  • Dokumentasi KIA

VIVAnews - Perusahaan mobil asal Korea Selatan, KIA resmi melakukan debut global untuk MPV (Multi Purpose Vehicle) terbarunya, All New Sedona 2015.

Mobil yang juga dikenal dengan sebutan KIA Carnival tersebut, diperlihatkan di acara otomotif tahunan, New York International Auto Show 2014, Amerika Serikat, kemarin.

All New Carnival memiliki sejumlah perbedaan dari model sebelumnya, di antaranya teknologi lebih inovatif, desain ala mobil Eropa, serta beberapa perubahan pada eksterior maupun interior.

Tidak hanya itu, KIA mengklaim, mobil ini memiliki ruang kabin yang lebih besar, senyap, dan nyaman. Selain itu, All New Carnival memiliki desain terbaru dengan sejumlah fitur-fitur canggih layaknya mobil mewah.

"Selama proses pembangunan, teknisi kami di Amerika Serikat dan Korea Selatan fokus pada menambahkan unsur yang diinginkan konsumen. Yang pasti enak dikendarai serta menggabungkan gaya modern, dengan bahan-bahan material premium dan teknologi canggih," kata Hedrick Orth, Vice President Product Planning, KIA Motors America dalam keterangan tertulis, Kamis 17 April 2014.

Pada bagian eksterior, All New Carnival mengalami perubahan, terutama pada fasia depan, di mana garis pada wajah depan lebih berotot lengkap dengan bagian grill khas KIA (tiger nose) dan lampu depan yang juga menggunakan LED.

Sementara itu, pada bagian belakang juga dilengkapi LED tail lights, bumper guard, dan standard roof spoiler. Mobil anyar ini juga memiliki wheelbase lebih panjang dari model terdahulu. Selain itu, kaki-kaki yang digunakan lebih lebar dan gagah berkat velg alloy 19 inch.

All New Carnival memiliki dimensi lebih lebar dan tinggi, dengan begitu bagian ruangan turut lebih luas serta ruang kaki lebih leluasa untuk bergerak, terutama pada baris kedua dan ketiga.

Pada bagian kabin, MPV ini bisa menampung 7-8 penumpang, serta memiliiki sejumlah tempat penyimpanan baik di bagian depan maupun belakang.

Dilengkapi beberapa fitur lainnya, mulai dari hiburan hingga keselamatan. Sebab, KIA menargetkan All New Carnival mendapatkan bintang lima dari National Highway Traffic Safety Administration’s (NHTSA).

Untuk jantung pacu, All New Carnival mengusung mesin Gasoline Direct Injection (GDI) V6 3.3-liter menggantikan V6 3.5 liter. Meski lebih kecil kapasitasnya, namun tenaga yang dihasilkan lebih besar yaitu 276 Hp pada 6.000 rpm dengan torsi 248 lb-ft pada 5.200 rpm. Mesin itu dikawinkan dengan transmisi otomatis enam percepatan.

Soal harga, KIA masih merahasiakannya. Rencana akan diumumkan bertepatan dengan waktu peluncuran. (asp)

Pelaku Jambret Tinggalkan Mobil Patroli Polisi yang Dia Bawa Kabur di Pinggir Jalan Lalu Kabur
Ilustrasi meruqyah

Cara Ruqyah Diri Sendiri Sesuai Syariat Islam, Agar Terbebas dari Gangguan Jin

Ruqyah atau Rukyah merupakan metode pengobatan menggunakan doa pada orang yang sakit akibat dari ‘ain (pandangan), sihir, rasa sakit, hingga gangguan jin.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024