Taksi Ini Ramah bagi Penumpang Disabilitas

Desain Solat Taxi, moda transportasi yang ramah untuk penumpang diabilitas
Sumber :
  • www.autoevolution.com
VIVAnews - Seringkali moda transportasi publik tak begitu ramah dengan penumpang. Alih-laih membuat nyaman bagi para penyandang disabilitas.
Sekjen Golkar Tegaskan Munas Tak Bisa Dimajukan Sebelum Desember 2024

Tapi ada secercah harapan bagi kaum disabilitas. Melansir Autoevolution, Senin 23 Juni 2014, muncul desain Solar Taxi. Konsep kendaraan ini dimunculkan untuk mengganti taksi kuning klasik dan memberikan ruang bagi penumpang diabilitas.
Hasbi Hasan Dituntut 13 Tahun Bui, Pengacara: Tak Rasional, Seperti Balas Dendam

Solar Taxi yang didesain oleh insinyur Turki, Hakan Gursu, merupakan moda transportasi yang berbeda. Kendaraan ini memiliki desain luas yang mampu menampung penumpang diabilitas dan 4 penumpang lainnya. 
CEO Freeport Temui Jokowi di Istana, Bahas Smelter hingga Perpanjangan Izin Tambang

Mobil itu menang kontes desain 'Vehicle, Mobility and Transportation Design Category 2013-2014.' Tak heran bila mobil tersebut disebutkan cocok untuk digunakan di pusat kota yang sering terjadi kemacetan. 

Nah nilai tambah kendaraan ini juga sangar ramah lingkungan. Sebab menggunakan sistem tenaga solar, yang diklaim bisa meningkatkan data sistem baterai sampai 20-25 persen. 

Panel nano-solar pada kendaraan itu membuat efektif pada siang hari tanpa memerlukan paparan sinar matahari langsung.

Secara kontruksi, kendaraan ini dikelilingi oleh kulit luar yang transparan, yang berfungsi mendukung kekuatan saat melewati jalan yang sulit. 

Dari sisi ketahanannya juga tak dilupakan. Pencipta desain sudah menyediakan aksesori khusus agar masa hidup produk bisa lebih tahan lama. 

Mengingat mengakomodasi bagi penumpang diabilitas, kendaraan ini ramah  dengan kursi roda dan peningkatan aksesibilitas bagi penumpang khusus itu.  Solar Taxi dihadirkan dengan menyesuaikan standar internasional, kendaraan harus berbobot dibawah 250 Kg. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya