Tips Membeli Mobil Bekas Jelang Lebaran

Jual beli mobil bekas.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews  - Membeli mobil bekas memang menjadi pilihan bagi sebagian konsumen berkocek terbatas saat ingin bergaya di kampung halaman. Namun, tahukah Anda ada beberapa tips untuk membeli mobil bekas berkualitas dan tidak mengecewakan.

Menurut Senior Manager Marketing WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih, selain dana yang sudah disediakan, calon konsumen sebaiknya mencari tempat-tempat penjualan mobil yang terpecaya dan memiliki banyak varian lengkap.

Herjanto mengatakan, tak perlu terburu-buru untuk membeli mobil, konsumen juga disarankan untuk membandingkan mobil satu dan yang lainnya.

“Seperti di WTC Mangga Dua ini, Honda Jazz bekas jumlahnya bisa mencapai 40-60 unit, konsumen bisa bandingin mana yang lebih bagus dan cocok,” ujar Herjanto kepada VIVAnews, Rabu 2 Juli 2014.

Lebih lanjut Herjanto menyampaikan, saat membeli mobil bekas ada baiknya konsumen turut membawa orang yang mengerti mobil ataupun mesin mobil.

Untuk mengecek eksterior, konsumen harus seksama memperhatikan kondisi cat dan bodi mobilnya. Maka itu, siang hari adalah waktu yang tepat untuk melihat kondisi mobil agar kondisi utuh dapat terlihat.

Sementara untuk mengecek bagian mesin, Herjanto menyarankan agar calon konsumen melihat apakah mesin banyak terkena oli demikian juga dengan oli yang sudah tercecer di lantai.

“Untuk mesin, pastikan mobil yang lebih dari lima tahun lebih diperiksa detail, nyalakan mesinnya apakah terdengar suara ngelitik, lalu perhatikan knalpotnya. Kalau berasap, kondisinya tidak bagus,” jelas Herjanto.

Tidak hanya itu, Herjanto juga menyarankan agar konsumen perlu memperhatikan lebih detail bagian kaki-kaki, mulai dari shock breaker sampai bagian velg. Meski ada di bagian bawah mobil yang sulit untuk dijangkau, langkah ini penting untuk mengetahui apakah bagian-bagian tersebut sudah berkarat atau tidak.

“Coba mobilnya di test drive supaya lebih ketahuan masalahnya dimana saja, yang jelas konsumen juga harus lebih bawel,” ucapnya. “Untuk interior, cek lebih detail juga karena kalau mobil bekas perokok itu banyak masalah.”

Tentu saja, jika kondisi fisik mobil sudah diperiksa, pastikan surat-surat dan kelengkapan lainnya harus terpenuhi, dan jangan sampai terlupakan.
Usai Ramai Digosipkan Selingkuh, Rizky Nazar Minta Maaf
Petugas menunjukkan emas Antam di Butik Antam Pulo Gadung, Jakarta (foto ilustrasi)

Harga Emas Hari Ini 27 April 2024: Emas Antam Kinclong di Akhir Pekan

Harga emas produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) hari ini tercatat dibanderol seharga Rp 1.236.000 per gram.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024