Ini Dampak Negatif Ogah Pakai Jaket Saat Bawa Motor

Bikers nakal.
Sumber :
  • Foto: Istimewa

VIVAnews - Jaket selalu melekat dalam aktivitas pengendara motor. Tak hanya digunakan sebagai penunjang penampilan, jaket juga acap kali digunakan sebagai pelindung tubuh untuk menjaga kesehatan.

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions

Kendati terbilang penting, namun masih kerap kita jumpai sejumlah pengendara motor yang ogah menggunakan jaket saat "wara-wiri" di jalan raya.

Padahal, ada beberapa bagian tubuh yang penting untuk dilindungi dari angin, debu, dan kotoran ekstrim.

"Badan pengendara, terutama pada bagian lingkaran leher dan dada harus tetap terlindungi dari terpaan udara. Ini penting," terang seorang dokter yang bertugas di Kopassus Cijantung, Dr. Kapten Edy Gogon, dalam keterangan tertulis Astra honda Motor (AHM), Rabu 16 Juli 2014.

Dikatakan Edy Gogon, jika jaket masih saja diabaikan saat pengendara dalam waktu yang lama, dampak serius akan menimpa tubuh sang pengendara bandel tersebut.

“Volume udara sedikit apa pun harus selalu diantisipasi, apalagi pengendara motor yang langsung berhadapan dengan angin dan debu saat berkendara. Karena bila tidak terlindungi, lama kelamaan akan berdampak serius pada sistem paru-paru, lebih dekatnya akan mengalami paru-paru basah dan lebih jauh akan mengalami TBC, dan gangguan sistem pernapasan,” jelasnya.

Ia pun menyarankan agar para bikers dapat menggunakan jaket yang sesuai dengan jarak tempuh yang akan ditujunya. Seperti untuk jarak dekat dapat menggunakan sweater, jarak menengah menggunakan jaket parasut dengan lapisan tertentu.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

"Kalau untuk touring atau perjalanan jauh, pengendara harus menggunakan jaket dengan komposisi bahan lebih kuat atau berserat," terangnya. (asp)

Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024