Sistem Perangkat Lunak Tesla Model S Dibobol Hacker

Mobil listrik Tesla Model S
Sumber :
  • www.reuters.com
VIVAnews – Sistem perangkat lunak Tesla Model S, mobil listrik buatan Amerika Serikat, beberapa waktu lalu telah berhasil diretas oleh para hacker.
Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib

Meski dibobol, para hacker yang berasal dari tim Universitas Zhejiang, Tiongkok itu justru diberikan hadiah uang tunai sebesar 10.000 yuan atau sekitar Rp18,6 juta oleh perusahaan. 
5 Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia,Tegal Termasuk?

Dilansir South China Morning Post, Selasa 22 Juli 2014, ternyata aksi peretasan ini sengaja digelar Tesla terhadap model S di acara Symposium on Security for Asia Network (SyScan360), di Beijing, Tiongkok.
Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

Acara yang mengusung tema Tesla Software Hack Challenge merupakan bagian dari upaya Tesla untuk mengindentifikasi titik-titik kerentanan mana saja yang terdapat pada mobil itu, sebelum masalah sebenarnya bermunculan.

Awalnya, sebelum mendapatkan 10.000 yuan, para peserta sebenarnya telah dijanjikan hadiah grand prize sebesar US$10.000 atau sekitar Rp115 juta. Hanya saja, para hacker dari negeri Tirai Bambu itu tidak berhasil memecahkan tantangan dalam waktu yang telah ditentukan.

"Kami mendukung gagasan untuk menyediakan suatu lingkungan di mana peneliti keamanan yang bertanggung jawab dapat membantu mengidentifikasi potensi kerentanan," kata juru bicara perusahaan tersebut.

"Kami berharap bahwa para peneliti keamanan akan bertindak secara bertanggung jawab dan itikad baik," lanjutnya.

Namun, para hacker ini mengatakan mereka dapat membobol akses-akses penting yang terdapat pada mobil Tesla Model S, di antaranya membunyikan klakson, menyalakan lampu jauh, serta membuka sunroof.

Oleh karena itu, para ahli keamanan Tesla mengatakan bahwa teknologi dan paten yang saat ini tersedia secara terbuka, sangat rentan terhadap hacker, dibandingkan dengan produsen tradisional lainnya terutama mobil non-listrik. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya