Mau Mudik, Aman Pakai Ban Tubeless atau Ban Biasa?

Puncak arus balik
Sumber :
  • ANTARA/Oky Lukmansyah

VIVAnews – Mudik ke kampung halaman menjelang Lebaran menjadi hal lumrah dan tradisi masyarakat Indonesia.

Bagi Anda yang ingin melakukan mudik terutama menggunakan sepeda motor, kondisi ban salah satu faktor yang sangat penting diperhatikan.

Pengisian angin harus sesuai dengan bobot atau yang telah menjadi standar perusahaan. Namun, ban apakah yang cocok digunakan untuk mudik?. Hal itu karena jarak yang ditempuh cukup jauh.

Menanggapi ritual mudik dan pemilihan ban, Bahari, Senior Brand Manager Motorcycle Tire PT Gajah Tunggal Tbk mengungkapkan, untuk pengguna sepeda motor disarankan untuk menggunakan ban tipe tubeless.

“Kalau pakai ban tubeless dengan jarak jauh, walau tertusuk paku masih bisa jalan, dan tidak harus pakai ban dalam dan diganti,” kata Bahari kepada VIVAnews, Rabu 23 Juli 2014.

Kunjungan ke Luar Negeri, Prabowo Subianto Akan ke China dan Bertemu Xi Jinping

Kata dia, kecil kemungkinan ban tubeless robek. Jika pun terjadi, kemungkinan karena si pengguna membawa beban berlebihan, ngebut atau melibas jalan yang rusak dan bebatuan.

“Kalau sepanjang jalan oke, itu oke saja. Pengalaman kami dan juga konsumen serta komunitas, mereka melakukan touring jarak jauh tetap oke menggunakan ban tubeless,” ucapnya,

Bahari juga menyampaikan, jika menggunakan ban biasa (tubetype) lalu bocor, konsumen dipastikan harus mendorongnya tanpa tahu di mana terdapat bengkel atau tambal ban.

Namun perlu diperhatikan, menggunakan ban tubeless bukan berarti ban tidak akan bocor, melainkan hanya tidak langsung kempes kalau tertusuk paku dan sejenisnya.

Direktur Eksekutif Indo Barometer, Muhammad Qodari menyampaikan hasil survei.

Sentil Gugatan Paslon 01 dan 03 di MK, Qodari Soroti 2 Hal Ini

Qodari mengatakan jika Paslon 01 dan 03 serius, seharusnya mereka ajukan gugatan pencalonan Gibran ke PTUN sejak awal saat pendaftaran peserta Pilpres 2024 ditetapkan KPU

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024