Intip Kehebatan Mobil Kepresidenan Joko Widodo

Mobil kepresidenan dikawal Paspampres.
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews - Semua pejabat tinggi di berbagai negara selalu mendapatkan fasilitas mobil untuk perjalanan dinas mereka. Demikian juga halnya presiden terpilih Joko Widodo.

Timur Tengah Memanas, Australia Peringatkan Warganya Segera Tinggalkan Israel

Usai putusan resmi Mahkamah Konstitusi terkait hasil Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU), Kamis lalu, 21 Agustus 2014, Jokowi langsung mendapatkan mobil dinas, lengkap dengan pengawalan resmi dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Saat menemui beberapa relawan di Kelapa Gading dan Ancol Jakarta Utara, Sabtu 23 Agustus lalu, ia mengaku sudah menggunakan mobil dinasnya yang terbaru. Jokowi mengaku jika kendaraan kepresidenan yang digunakan ialah Mercedes-Benz S600 Guard.

"Iya, itu mobil (Mercedes Benz) lama. Yang kita naiki tadi mobil tahun 2008," kata dia.

Meskipun buatan tahun 2008, namun rupanya Mercy tersebut tidak kalah canggih dengan Cadilac One milik Presiden Amerika Serikat, Barack Obama.

Mobil yang dikendarai Jokowi itu merupakan kendaraan lapis baja dengan tingkat resistensi Eropa B6/B7 yang tahan terhadap senjata militer standar dan memberikan perlindungan terhadap fragmen yang muncul dari ledakan.

"Ini (mobil dinas) anti peluru. Memang standarnya harus anti peluru," tuturnya.

Bicara spesifikasi, seperti dilansir Autoblog, mobil yang digunakan Joko Widodo mengadopsi perlindungan VR9. Perlindungan tersebut yakni, dapat menahan tiga tembakan dari senapan militer M60, M14, atau FAL-FN, serta tembakan senjata kecil seperi M16, dan 357 Magnum.

Mercedes-Benz ini disebutkan juga dapat memberikan perlindungan tahan terhadap fragmen yang muncul dari granat tangan, serta bahan peledak lainnya.

Selain pertahanan senjata, S600 tersebut juga menawarkan langkah-langkah keamanan lebih lanjut, seperti lapisan polikarbonat pada seluruh kacanya agar tidak pecah dan dapat melukai penghuninya.

Fitur keamanan tambahan termasuk ban run-flat, tanki bahan bakar 90L, dan sistem pemadam kebakaran otomatis.

Selain itu, mobil ini juga menggunakan ban Michelin PAX 245-700 R470 AC, sistem pengaturan udara segar darurat, sistem kontrol pneumatik darurat untuk membuka jendela (beroperasi secara tersendiri dari sistem elektronik), serta Panic Alarm System tambahan.

Selain itu, ada pula kamera belakang, kaca depan, dan jendela depan yang tahan panas, sistem adjutable doorhold yang digunakan di keempat pintu, serta tirai belakang listrik.

Bicara kecepatan, mobil pabrikan Jerman ini tidak perlu diragukan lagi. Sebab, memiliki kecepatan puncak 210 kilometer/jam dengan GVW 4.200 kilogram.

Kendati demikian, Joko Widodo mengaku menggunakan Mercedes-Benz bukan karena kenyamanan yang ditawarkan. Namun, lantaran ingin mengikuti prosedur yang ada dan sudah ditetapkan.

"Kalau saya nyaman pakai apa saja. Mau pakai becak nyaman, pakai bajaj juga nyaman. Pakai Kijang nyaman, pakai Mercy nyaman. Ini kan standar keamanan," katanya. (asp)

Program Beasiswa Kuliah S1 di Jepang, Bebas Biaya dan Dapat Uang Saku Rp12 Juta Perbulan

Baca juga:

Pentingnya Mencintai Diri: Melawan Depresi dan Maraknya Percobaan Bunuh Diri
Toyota Land Cruiser 250

Terpopuler: Harga Toyota Fortuner Hybrid, Land Cruiser Tangguh Versi Murah

Berita yang membahas mengenai harga Toyota Fortuner Hybrid dan Land Cruiser tangguh versi murah, banyak sekali pembacanya sehingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024