Menjajal Mobilio Tipe Termewah dan Lega

Test Drive Mobilio RS Malang-Surabaya.
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi

VIVAnews - Pasar mobil Low MPV (Multi Purpose Vehicle) di Tanah Air kian memanas. Hal ini membuat PT Honda Prospect Motor (HPM) menghadirkan senjata baru di jajaran produk andalannya Honda Mobilio, dengan meluncurkan tipe RS, Juni lalu, yang diklaim lebih elegan dan sporty.

Beberapa waktu lalu, VIVAnews mendapatkan kesempatan menjajal ketangguhan dan kenyamanan Mobilio RS (Road Sailor) dengan menempuh jalur Malang hingga Surabaya, Jawa Timur.

Jika dilihat dari bentuknya, Mobilio RS yang dibanderol Rp203,5 juta on the road Jakarta ini memiliki desain seperti tipe lainnya, mulai dari tipe S, E, dan Prestige. Demikian juga dengan ground clearance setinggi 189 mm dan wheelbase sepanjang 2.650mm.

Eksterior

Sebelum memasuki ke dalam kabin, ada baiknya mengulas bagian eksterior. Menggunakan desain konsep Dual Solid Motion dipadu garis bodi dinamis dan Glassy Cabin, memberikan wajah Mobilio RS terkesan sporty dan luas.

Mobilio RS juga lebih sporty berkat hadirnya tambahan aksen seperti Sporty Front & Rear Bumper, Sporty Side Under Spoiler, dan Chrome Grille yang menambah kemewahan.

Kesan mewah ala mobil premium juga terlihat pada bagian penerangan dengan pengadopsian Projector Headlight with LED Light Guide. Kemewahan lain ada pada bagian atap tipe RS yang dilengkapi Roof Moulding Garnish.

Pada bagian belakang, Mobilio RS mendapatkan sentuhan Sporty Tailgate Spoiler di bagian atap, serta High Mount Stop Lamp dengan menggunakan LED dan juga Exhaust Pipe Finisher. Untuk menambah kesan ciamik, sektor kaki-kaki tak lupa mendapatkan sentuhan segar berupa "penanaman" velg alloy 15 inci dengan desain terbaru.

Soal kaca-kaca, Mobilio RS juga dilapisi Green Glass, sehingga dapat menolak langsung sinar ultra violet, terutama pada siang hari.

Interior

Masuk ke dalam kabin, secara desain penempatan tidak banyak berubah dari model lainnya. Akan tetapi, bagian kabin dibalut lapisan berkelir hitam yang hampir menutupi interior.

Mobilio RS dilengkapi dengan Meter Cluster Futuristic yang memiliki desain 3 display meters dan juga Multi Information LCD Display.

Untuk memberikan hiburan, tipe RS dibekali dengan sistem audio dengan monitor layar sentuh 6,1 inci yang terintegrasi dengan iPod, iPhone, dan app Mode yang menggunakan kabel iPhone 4 dan 4S.

Tombol pengaturan audio juga terdapat pada bagian lingkar kemudi, sehingga memudahkan pengendara untuk mengatur channel hiburan yang diinginkan. Sementara Tweeter Speaker tambahan juga turut dihadirkan pada sisi kanan dan kiri yang letaknya berdekatan dengan pilar kaca depan. Bicara suara, cukup jernih dan jelas.

Soal kenyamanan dalam ruangan, tak lupa AC Double Blower yang ditempatkan di baris pertama dan kedua membuat aliran udara lebih cepat merata dan menyeluruh.

Performa

Tidak ada perbedaan performa antara RS dan mobilio tipe lainnya. Jantung pacunya masih bermesin Honda i-VTEC, empat silinder 16 katup, berkapasitas 1.5 liter yang sanggup menghasilkan tenaga 118 hp dengan torsi 146 Nm.

Saat dikendarai di wilayah Batu, Malang, yang memiliki jalur tanjakan dan berliku, RS ini cukup gesit dan responsif. Padahal, Mobilio ini menggunakan transmisi otomatis CVT.

Tak hanya di Malang, perjalanan menuju Surabaya, juga terasa masih nyaman. Hal ini tak lain berkat kenyamanan suspensi depan MacPherson Strut dan suspensi belakang H-shape Torsion Beam. (ita)

Baca juga:

Terpopuler: Alasan Heerenveen Lepas Nathan Tjoe-A-On, Calon Kiper Timnas Indonesia Sabet Scudetto

Keren Banget, Sherina Main Teater Musikal Bareng Anak-Anak Sekolah
Foto: Istimewa

Cerita Perjuangan TikTokers Sasya Livisya, Sering Dapat Hate Comment karena Penampilannya

Setelah melalui berbagai proses yang panjang, Sasya Livisya menyampaikan pentingnya hate comment dalam setiap konten yang diposting di sosial media.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024