Honda Jazz di AS Kena Recall, Bagaimana Indonesia?

All New Honda Jazz 2014.
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi

VIVAnews - Sebanyak 12 ribu Honda Fit di Amerika Serikat, atau di Tanah Air akrab disebut Jazz, akan ditarik sementara dari paredaran alias recall.

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia

Kondisi ini terjadi, setelah sebuah badan keselamatan swasta di AS, Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) menilai tingkat keselamatan mobil itu rendah.

Dilansir Consumerist.com, level keselamatan Honda Fit 2015 rupanya menempati posisi kedua terburuk versi IIHC. Tak heran, jika kemudian Honda AS menyatakan akan melakukan perbaikan, khususnya pada bagian bumper.

Pertanyaan pun muncul, bagaimana di Indonesia, akankah Honda Jazz yang beredar di Tanah Air mengalami nasib yang sama?

Menanggapi hal tersebut, Director Marketing dan After Sales Service Honda Prospect Motor (HPM), Jonfis Fandy, mengatakan bahwa hal itu tidak perlu dilakukan.

Menurutnya, yang terjadi di AS, sebenarnya bukanlah kegagalan produksi. Permasalahan yang dialami oleh Honda Fit, lebih kepada munculnya aturan baru yang dikeluarkan oleh IIHS.

"Jadi, aturan itu keluar setelah produksi. Untuk mendapatkan bintang enam, Honda memilih untuk melakukannya (menarik Honda Fit). Itu untuk memenuhi standar terkait ansuransi, sebab bila nilainya rendah, ansuransi akan lebih tinggi nantinya," ujar Jonfis di sela-sela acara All New Honda Jazz, The Cool Test Drive, di Bali, Rabu, 27 Agustus 2014.

Ia menjelaskan, masing-masing negara punya organisasi yang berbeda. Di Amerika Serikat, Honda ingin menyesuaikan dengan aturan baru yang dikeluarkan oleh IIHS demi mendapatkan bintang enam.

Jokowi Yakin Indonesia Bisa Dapat 61 Persen Saham Freeport Indonesia, Meski Alot Negosiasinya

"Di sini, belum perlu dilakukan dan itu bukan karena kerusakan," sambung Jonfis.

Sebelumnya, PT HPM, selaku distributor resmi Honda di Indonesia telah meluncurkan All New Honda Jazz generasi ketiga, 26 Juni 2014 lalu.

Mobil ini mendapatkan perubahan desain secara keseluruhan ketimbang keluaran sebelumnya. All New Honda Jazz didukung dengan desain cool dan sporty, kabin luas, dukungan teknologi dan fitur canggih.

Tak heran jika kemudian Honda mengukuhkan All New Honda Jazz sebagai bomber hatchback andalannya. (asp)

Jangan Asal Pilih, 5 Tips Ini Harus Diperhatikan Muslimah Saat Memilih Kosmetik Halal

Baca juga:

Duel Vietnam vs Timnas Indonesia

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Harapan pecinta sepakbola melihat Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia kembali muncul. Masih ada berapa tahap lagi untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026?

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024