Survei: Toyota Menjadi Perusahaan Pelayanan Purna Jual Terbaik

Logo Toyota.
Sumber :
  • REUTERS/Yuya Shino
VIVAnews
Meiska Angkat Fenomena Istilah Badut dalam Lagu Terbarunya
- Lembaga jasa konsultasi marketing berskala global, J.D. Power Asia Pacific, memberikan penghargaan tertinggi Indonesia Customer Service Index (CSI) Study 2014, kepada Toyota Indonesia dalam hal pelayanan purna jual terbaik kepada pelanggan.

Verrell Bramasta Berharap Prabowo-Gibran Lebih Fokus Pada Kemajuan Anak Muda

Studi dilaksanakan J.D. Power terhadap 3.476 pemilik kendaraan yang menerima pengiriman kendaraan pada periode Februari 2012 hingga Mei 2013, dan melakukan servis kendaraan di bengkel resmi pada periode Agustus 2013-Mei 2014.
Terpopuler: Beda Sikap Ria Ricis-Teuku Ryan Perlakukan Orang Tua, Mooryati Soedibyo Meninggal Dunia


Berdasarkan studi tersebut, Toyota Indonesia memperoleh indeks tertinggi dengan poin sebesar 770 poin. Nilai tersebut, di atas rata-rata indeks 12 perusahaan otomotif roda empat yang terlibat dalam studi tersebut, yaitu sebesar 767 poin.


Ada tiga faktor Toyota Indonesia mendapatkan nilai tertinggi dalam CSI Study 2014 yakni
service advisor, service facility,
dan
service quality
terbaik.


Service quality
merupakan faktor pendukung dengan bobot paling tinggi pada CSI Study 2014, yaitu sebesar 30 persen dari total penilaian.


Pada faktor ini, Toyota berhasil membukukan 772 poin, atau tumbuh pesat 15 poin dibandingkan pada tahun lalu.


President Director PT Toyota Astra Motor, Hiroyuki Fukui, mengatakan Toyota akan selalu berupaya menghadirkan produk dan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan, serta layanan penjualan dan purna jual terbaik yang melebihi harapan pelanggan.


“Dengan jumlah varian produk yang banyak, jumlah unit penjualan yang tinggi, dan selaku APM dengan jaringan terbesar di Indonesia, adalah tantangan bagi Toyota untuk mempertahankan dan meningkatkan kepercayaan dari pelanggan,” kata Fukui dalam keterangan tertulis, Senin 1 September 2014.


Hal serupa juga diungkapkan, Vice President Director TAM, Suparno Djasmin. Menurutnya, kesuksesan penjualan Toyota tidak hanya tergantung pada pengalaman konsumen pada saat pembelian atau transaksi, melainkan, bagaimana pengalaman konsumen saat memiliki kendaraan atau after sales.


“Karena itu, Toyota selalu menekankan strategi pemasaran dan layanan berdasarkan The Best Total Ownership Experience untuk memberikan kepuasan secara menyeluruh bagi pelanggan,” ungkapnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya