VIDEO: Canggihnya Mobil Kepresidenan RI 1

Ilustrasi Iring-iringan mobil pengawal Presiden.
Sumber :
  • Biro Pers Istana Presiden/Abror Rizki

VIVAnews - Setiap kepala negara selalu mendapatkan fasilitas keamanan kelas wahid. Tak hanya di dalam ruangan, setiap kepala negara juga dipastikan bakal mendapatkan pengamanan ekstra di luar ruangan, termasuk di jalanan.

Tak hanya pasukan terbaik yang dipilih untuk mengawalnya, kendaraan terbaik pun dipilih untuk dibesutnya saat menghadiri banyak kegiatan kenegaraan.

Seperti halnya yang diterima Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang menjabat dua periode ini. Dalam setiap kegiataannya, SBY selalu menumpangi mobil canggih yang syarat dengan teknologi terkini. Mobil itu yakni Mercedes-Benz S600 yang diproduksi 2008.

Mobil ini jelas berbeda dengan kendaraan sejenis yang dijual untuk masyarakat umum. Sebab, selain dipesan secara khusus, mobil S600 juga memiliki desain yang berbeda.

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions

Berdasarkan laporan yang dihimpun VIVAnews, mobil berpelat RI 1 ini merupakan kendaraan lapis baja dengan tingkat resistensi Eropa B6/B7. Mercedes-Benz ini tahan terhadap senjata militer standar dan memberikan perlindungan terhadap fragmen yang muncul dari granat tangan, serta bahan peledak lainnya.

Pada bagian interior, mobil ini juga dilengkapi dengan sistem pemadam kebakaran otomatis, panic alarm, dan sistem Pneumatic, atau pengatur udara otomatis, sehingga selama di perjalanan presiden dapat merasakan suasana yang nyaman.

Belum sampai di situ, mobil ini juga dapat berlari maksimal hingga 210 kilometer/jam. Bahkan, meski ban tertusuk paku hingga bocor, dengan teknologi runflat, ban ini masih sanggup berlari dengan kecepatan 60 km/jam.

Selain itu, ada pula kamera belakang, kaca depan dan jendela depan yang tahan panas, sistem adjutable doorhold yang digunakan di keempat pintu, di pintu belakang yang dapat ditarik, dan menutup secara otomatis, serta tirai belakang listrik.

Sebelumnya, Presiden SBY menggunakan mobil Mercedes-Benz S600 keluaran tahun 1994 yang dibuat dari baja anti peluru. Mobil ini dulu juga dipakai oleh presiden Indonesia sebelumnya, Presiden Suharto.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Namun, sejak 2009, Presiden SBY menggunakan mobil Mercedes-Benz keluaran tahun 2008. Sedangkan Mercedes-Benz yang keluaran tahun 1994 dijadikan cadangan.

Baca juga:

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot

(asp)

Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024