Kupas Crossover Paling Baru Honda Made in Karawang

Honda HR-V
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi
VIVAnews - Setelah lama dinanti, PT. Honda Prospect Motor (HPM) akhirnya memamerkan produk terbarunya, Honda HR-V, di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014.
4 Tanda Zodiak Paling Sederhana dan Humble, Apakah Kamu Termasuk dalam Daftar Ini?

Meski masih berbentuk prototipe, Honda menyatakan, HR-V merupakan sebuah mobil yang masuk dalam Crossover Utility Vehicle (CUV) hasil kolaborasi dari sebuah ketangguhan SUV dan juga kenyamanan sedan Coupe.
Syamsuddin Haris Heran Albertina Ho Dilaporkan ke Dewas, Sindir Dugaan Etik Nurul Ghufron

Menurut Presiden Direktur PT. HPM, Tomoki Uchida, mobil yang di Jepang dikenal dengan nama Vezel ini, akan menjadi produk istimewa bagi Honda karena menjadi crossover pertama Honda di pasar otomotif nasional.
Bawaslu Ultimatum Jajaran Tak Main Mata Dalam Proses Rekrutmen Panwascam Pilkada 2024

"HR-V akan menjadi pilihan baru di pasar otomotif Indonesia dan juga diterima dengan baik oleh konsumen," kata Tomoki Uchida saat acara jumpa wartawan di acara IIMS 2014, JIExpo, Kemayoran, Jakarta.

Bagi konsumen yang telah memesan, mobil ini baru akan mulai dikirim pada awal 2015. Meski demikian, Tomoki menuturkan, karena bertepatan dengan ajang IIMS ke-22, Honda pun membuka order booking dengan membayar Rp5-10 juta.

Dengan banderol antara Rp240 juta hingga Rp350 juta, di acara IIMS, Honda membatasi pemesanan hanya sebanyak 500 unit.

Lantas, apa saja kelebihan dari HR-V made in Karawang ini?

Honda HR-V hadir dalam empat varian berbeda yaitu, 1.5 liter A M/T, 1.5 liter S M/T dan CVT, 1.5 liter E CVT, dan 1.5 CVT Prestige.

Karena hanya ada dua mesin, yaitu 1,5 liter dan 1,8 liter, maka untuk 1,5 liter, mesin ini dapat memuntahkan tenaga 120 PS pada 6.600 rpm dan torsi 145 Nm pada 4.600 rpm.

Sementara itu, pada varian 1,5 liter mampu melontarkan daya 139 PS pada 6.500 rpm dan torsi 169 Nm pada 4.300 rpm.

Yang membedakan satu tipe dengan yang lainnya, yaitu berupa kelengkapan aksen yang ada pada eksterior, interior, dan juga fitur-fitur.

Untuk HR-V 1.5 liter A M/T, merupakan tipe terendah. Pada bagian eksterior, mobil ini dilengkapi dengan Halogen Headlight, Auto off Headlight, dan velg Alloy Wheel 17 inch.

Peluncuran Honda HR-V di IIMS 2014, Jakarta.

Peluncuran Honda HR-V di IIMS 2014 (foto : VIVAnews/Herdi Muhardi)

Sementara itu, pada bagian interior, tipe ini dilengkapi dengan Beige interior colour, 2 DIN Audio, dan Tilt and Telescopic Steering Wheel.

Pada sisi keselamatan, telah dilengkapi standar fitur yang lengkap termasuk Dual SRS Airbags, Pretensioner ditambah Load Limiter Seatbelt, Auto Brake Hold ditambah Electric Parking Brake, Emergency Stop Signa, lalu ABS+EBD+BA dan Hill Start Assist plus Vehicle Stability Assist.

Untuk HR-V 1.5 liter S M/T dan CVT, memiliki semua fitur yang hadir di tipe A dengan tambahan pada eksterior berupa Door Mirror with Side Turning Sigmal, Retractable Door Mirror, dan Front Fog Lamp.

Pada bagian interior perbedaanya terletak pada sistem audio yang menggunakan 6,1 inch touchscreen, serta dengan menerapkan teknologi Earth Dream, telah dilengkapi dengan Security Alarm.

Untuk tipe HR-V 1.5 lliter E CVT, lebih lengkap dari tipe di atas, yaitu dengan penambahan pada eksterior berupa fitur Smart Entery dan bagian interior berupa penggunaan warna hitam dan Leather Seat.

Tipe ini lebih memanjakan konsumen karena hadir pula fitur tambahan lainnya berupa One Push Ignation System, Auto AC, Paddle Shift, Cruise Control, Audio Steering, dan Tweeter Speaker.

Selanjutnya, pada HR-V 1.8 liter CVT Prestige, tentu saja ini tipe yang paling lengkap dan mewah dari yang tipe-tipe sebelumnya.

Honda HR-V

Honda HR-V di IIMA 2014 (foto : VIVAnews/Herdi Muhardi)

Sisi Eksterior

Pada bagian eksterior, tipe ini dilengkapi dengan Panoramic Roof dan sport Design Alloy Wheel. Selain itu, hadir pula Lampu depan menggunakan LED Project Headlight dengan Auto Leveling, dan Daytime Running Light.

Sementara itu, pada bagian buritan telah diterapkan Shark Fin Antena, Exhaust Pipe Finisher, dan Rear Camera.

Di bagian kabin juga telah dibalut dengan leather interior dengan paduan warna hitam-putih. Serta sistem audio layar sentuh 7 inch yang terkoneksi Smart Connection.

Untuk fitur keselamatan, telah dilengkapi dengan Side Curtain Airbags dan Assistant Seatbelt Reminder. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya