Begini Wujud Mobil Gran Turismo Toyota yang Diboyong ke Kemayoran

Deretan Mobil Konsep IIMS 2014
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - PT Toyota Astra Motor (TAM) memperkenalkan mobil konsep FT-1 di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 yang berlangsung 18-28 September 2014 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta.

Mobil sport ini berhasil menghipnotis para pengunjung yang mensesaki area JIexpo sejak pembukaan, Kamis 18 September kemarin.

FT-1, selama ini dikenal sebagai mobil yang ada di game Gran Turimo. Untuk mewujudkannya, Toyota melalui perancangnya Calty Design Research merasa perlu menghadirkan mobil yang selama ini hanya dikenal para penyuka game tersebut.

"FT-1, adalah kendaraan spesial yang memadukan Toyota Sportcar dan Racing serta teknologi terdepan. Kami bangga Indonesia menjadi negara pertama di Asia yang menampilkan FT-1," ujar Wakil Presiden Direktur TAM Suparno Djasmin di JI Expo Kemayoran, Jakarta.

FT-1 Concept merupakan ekspresi mutakhir dari desain-desain Toyota tipe coupe misalnya 2000GT, Celica, Supra, MR2, dan Scion FR-S.

Pendeta Ini Ajak Jemaatnya Untuk Masuk ke Masjid dan Ungkap Hal Tak Terduga Ini

Bicara desain, FT-1 Concept memiliki bentuk yang sangat futuristik.
Terdapat dua lubang angin besar di bagian bumper, sejalan dengan buritan yang mengisyaratkan jika mobil ini memiliki unsur manajemen aliran udara dan siap dipacu dalam kecepatan tinggi.

Yang menarik, saat mobil dibetot sejadi-jadinya, sayap di bagian belakang akan miring ke depan sebagai maksud menciptakan downforce (gaya tekan) tambahan. Elemen desain ini menciptakan proporsi sebuah sportscar yang siap melahap aspal sirkuit atau jalan raya.

Meski tidak ada spesifikasi mesin yang dijejalinya, dapur pacunya dipastikan berada di bagian depan mobil, sementara penggeraknya menggunakan roda belakang (RWD). Kokpit berada jauh di belakang sehingga berat kendaraan terbagi dengan lebih baik.

Mobil ini pertama dikenalkan dua tahun lalu, dan mulai debut pertama di Detroit Auto Show 2014 dengan warna hitam-merah. Toyota FT-1 Concept kemudian hadir kembali di event Pebble Beach Concours d’Elegance 2014 dengan balutan warna Anthracite Grey.

Ternyata SYL Pakai Uang Peras Pejabat Kementan untuk Renovasi Rumah dan Perawatan Keluarga

Baca juga:

Ramalan Zodiak Kamis 18 April 2024: Taurus Alami Krisis Keuangan, Virgo Harus Menjauhi Orang Negatif

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya