Seberapa Untung Mobil Pakai Converter Kit

Converter Kit BBG
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin
VIVAnews
Pemerintah Harus Antisipasi Kebijakan Ekonomi-Politik Imbas Perang Iran-Israel
- Rencana pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak bersubsidi membuat para pemilik kendaraan harap-harap cemas. Ini karena pengguna mobil harus merogoh kocek lebih dalam lagi.

Prediksi Premier League: Fulham vs Liverpool

Kondisi ini rupanya dimanfaatkan berbagai pihak untuk memberikan alternatif untuk bahan bakar kendaraan, salah satunya Autogas Indonesia, yang menyediakan converter kit BBG. Konverter merupakan alat pengubah konsumsi kendaraan dari bensin menjadi gas alam terkompresi (CNG).
Ditanya Kontrak STY, Erick Thohir Sebut Sepakbola Indonesia di Jalur yang Tepat


Bertempat di acara Indonesia International Motor Show 2014, Autogas kembali unjuk gigi untuk memperlihatkan keunggulan produknya dalam menyediakan converter kit BBG.


Bahkan, dengan menggunakan BBG, Direktur Utama PT Autogas Indonesia Thomas Nurhakim menyatakan harga akan jauh lebih murah dan ramah lingkungan.


Dia merinci  pengeluaran jika menggunakan CNG. Jika mobil setiap harinya menenggak 10 liter pertamax dengan biaya Rp110 ribu (asumsi harga Pertamax Rp 11.000 per liter) maka  biaya yang harus dikeluarkan bisa mencapai Rp3,3 juta per bulan.


“Sedangkan jika memakai CNG, pengendara bisa menghemat Rp7.900 per liter. Penghematan ini karena harga CNG hanya Rp3.100 per liter," kata Thomas kepada wartawan, Sabtu 20 September 2014.


Dengan begitu, jika pemilik mobil menggunakan 10 liter BBG per hari, maka dalam sebulan hanya menghabiskan Rp930 ribu. Artinya bisa hemat Rp2,37 juta.


Sedangkan harga konverter kit ini bervariasi antara Rp17-22 juta untuk tipe CNG. Hanya saja sayang, stasiun pengisian gas di Jakarta masih terbatas.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya