Copen, Mobil Unik Daihatsu yang Bodinya Bisa Dibongkar Pasang

Deretan Mobil Konsep IIMS 2014
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku Agen Pemegang Merek Daihatsu di Indonesia, kembali menghadirkan mobil mini sporty, Copen, terbaru di ajang pameran otomotif, Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014.

ADM memboyong dua unit Copen terbaru yang hadir dengan penampilan stylish. Mobil ini merupakan kendaraan unik, karena bodinya bisa dibongkar pasang.

Menurut Pradipto Sugondo, selaku Executive Officer Research and Development Division PT ADM, Copen yang dihadirkan pada IIMS 2014 merupakan edisi terbaru dengan ubahan penuh dan merupakan generasi kedua sejak diperkenalkan di Jepang 2002 lalu.

"Daihatsu menghadirkan Copen terbaru sebagai jawaban bagi mimpi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki mobil kompak sporty," ujar Pradipto, Senin 22 September 2014.

Menurutnya, Copen mengadopsi struktur rangka baru yang disebut D-Frame untuk mencapai stabilitas kemudi dan kenyamanan penumpang. Seluruh bagian kerangka juga dikatakannya telah dibuat dengan teknologi tinggi.

"Mobil ini (Copen) mampu menarik perhatian pengunjung IIMS 2014, karena merupakan mobil kompak yang unik di dunia, namun memiliki penampilan seperti mobil sport," lanjutnya.

Ia menjelaskan, D-Frame yang dimiliki Copen punya tiga keunggulan, yakni pertama performa unggul serta stabilitas tinggi dan aman saat rooftop terbuka.

Berita Man Utd: Erik ten Hag Akui Situasi Bermasalah hingga Kekhawatiran Wright Soal Kobbie Mainoo

Kedua, panel bodi dengan bahan resin, sehingga desain mobil lebih stylish. Ketiga, akses panel bodi luar dapat diganti sesuai ekspresi dan gaya hidup pengendara.

Dijual tahun depan

Sementara itu, Direktur Marketing ADM, Amelia Tjandra, mengatakan mobil berkapasitas dua orang penumpang ini akan secepatnya dijual di Tanah Air.

"Secepatnya kami akan jual. Sekarang lagi urus homologasi. Itu yang agak repot. Rencananya tahun depan," ujar Amelia.

Untuk mendatangkannya, pihaknya akan menjual Copen dalam bentuk impor utuh alias CBU dari Jepang.

"Kami enggak jual banyak. Sesuai pesanan saja, karena ini untuk orang hobi," tambah Amelia.

Soal harga, Amelia mengaku belum menghitungnya secara rinci. "Tapi gambarannya, lihat saja harga di Jepang berapa dan ditambah pajak di sini (Indonesia), karena ini kan CBU dari Jepang," lanjutnya.

Bicara jantung mekanis, Daihatsu Copen dibekali mesin bensin 12 katup 3 silinder berkapasitas 660cc turbo.

Produksi tenaganya mencapai 64 daya kuda pada 6.400 rpm, dengan torsi 92 Nm di 3.200 rpm yang dikirim melalui transmisi manual lima percepatan, atau transmisi otomatis super aktif CVT tujuh percepatan. (asp)

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Erdi A. Chaniago

Babak Baru Kasus Hoax Rekaman Forkopimda, Palti Hutabarat Diserahkan ke Kejaksaan

Berkas perkara kasus yang menjerat Palti Hutabarat disebut telah lengkap.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024