FOTO: Deretan Mobil Konsep yang Hadir di IIMS 2014

Deretan Mobil Konsep IIMS 2014
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Perhelatan otomotif terbesar di Tanah Air, Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 telah secara resmi dibuka, Kamis, 18 September lalu. Acara yang berlangsung hingga 28 September 2014 mendatang ini, dibuka langsung oleh Menteri Perdagangan RI, Muhammad Luthfi.

Sejumlah Agen Pemegang Merek (APM) hadir memeriahkan acara yang digelar ke-22 kalinya ini. Tak hanya memboyong kendaraan-kendaraan andalannya saja, para produsen mobil juga turut serta memboyong mobil-mobil konsep masa depan mereka.

Toyota

Seperti halnya Toyota Astra Motor (TAM) yang menghadirkan tiga konsep mobil baru pada pameran IIMS 2014. Ketiga mobil itu yakni, Fuell Cell Vehicle (FCV), Fun V2, dan FT-1. Menurut Public Relation Manager TAM, Rouli Hasintongan Sijabat, tiga mobil konsep ini telah digodok secara matang melalui riset teknologi yang panjang.

Beredar Video WN Polandia Kehilangan Isi Kopernya, Pihak Bandara Ngurah Rai Bali Beri Penjelasan

Yang Bikin Shin Tae-yong Terusik saat Indonesia Kalahkan Korea Selatan



Salah satu konsep yang paling matang adalah mobil FCV yang tak lain merupakan kendaraan berbahan bakar hidrogen.

Ia mengatakan, mobil ini sengaja dihadirkan untuk menjawab keresahan masyarakat terhadap emisi gas global. Ia mengisyaratkan mobil yang telah mendekati masa produksi massal ini akan segera diluncurkan di Indonesia pada tahun depan.

Honda

5 Rekomendasi Makanan untuk Ibu Menyusui Agar ASI Lancar

Tak hanya TAM, PT Honda Prospect Motor selaku distributor resmi produk Honda di Tanah Air juga memboyong mobil konsep untuk pemanis booth-nya yang terletak di Hall D, JIExpo, Kemayoran, Jakarta. Mobil tersebut, merupakan kendaraan sport, yakni NSX Concept II.

Mobil ini merupakan kendaraan konsep yang juga sempat dipamerkan pada ajang IIMS 2013 lalu.

Honda NSX Concept menampilkan desain futuristik, mulai dari eksterior, dan interiornya. Headlight-nya dilengkapi dengan lampu LED (light emiting diode), yang meruncing di bagian depan, sedangkan sayap di bagian belakang memperkuat image sporty pada supercar ini.

Meski pernah dipamerkan tahun lalu, NSX Concept II kini hadir dengan beberapa perubahan, seperti interiornya yang lebih sempurna ketimbang konsep terdahulu. Kelir eskteriornya juga mengalami perubahan.

"NSX Concept II kami hadirkan sebagai komitmen Honda untuk selalu yang terdepan dalam menghadirkan inovasi dan kesenangan bagi konsumen," tutur President Director PT Honda Prospect Motor, Tomoki Uchida.

Suzuki


PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) akhirnya memamerkan mobil kecil K-Car yang disebut Suzuki Hustler di IIMS 2014.

PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) akhirnya memamerkan mobil kecil K-Car yang disebut Suzuki Hustler di IIMS 2014. Di hajatan tahunan ini, Suzuki Hustler yang menjadi salah satu mobil laris di Jepang, hadir dengan tampilan dua pilihan warna yaitu biru muda dan juga oranye.

Hustler memiliki desain yang unik dan eyecatching berbentuk persegi dengan mesin yang hanya dijejali dengan kapasitas kecil. Hustler memiliki dimensi panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm, dan tinggi 1.655 mm. Bobotnya hanya 790 kg.

Untuk jantung pacu, mobil ini mengusung mesin kecil 650 cc 3 silinder yang sanggup menghasilkan tenaga 52 Hp. Mesin ini dikawinkan dengan transmisi CVT.

Datsun

Redi-GO Concept.

Produsen mobil terbaru di Tanah Air, Datsun, tak mau kehilangan taring di ajang otomotif terbesar IIMS 2014. Kejutan yang dihadirkan yakni menampilkan mobil konsep Datsun yang diberi nama redi-GO. Mobil yang juga sempat "mejeng" di Delhi Auto Show baru-baru ini kini untuk pertama kalinya dipamerkan di Indonesia.

Redi-GO dibangun dengan karakter desain Datsun yang diklaim modern, berkarakter, tegas, dan tangguh. Mobil ini juga disebut mengombinasikan hatchback lima pintu secara praktis dengan rugged Sport Utility Vehicle (SUV) stance yang dapat menimbulkan kesan sebuah mobil dengan kepribadian ganda.

"Datsun redi-GO Concept merefleksikan nilai kunci dari modernitas, kualitas, dan inovasi. Mobil ini memperlihatkan potensi bisnis di masa depan dan pengembangan terbaru dari Datsun," tutur Global Head of Datsun, Vincent Cobee.

Menurut dia, redi-GO merupakan mobil konsep yang stylish dan ditujukan bagi para penggemarnya, yaitu generasi baru dari pengendara muda. "Hal ini adalah langkah maju dalam pengembangan produk di segmen ini dan menunjukkan masa depan kami," tuturnya.

Meski belum akan diproduksi di Indonesia, mobil konsep ini digadang-gadang sebagai salah satu dari varian mobil termurah yang akan mengaspal di India.

Mitsubishi

Hadir di Hall A JIExpo, Kemayoran, Jakarta, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), APM Mitsubishi di Indonesia memajang sebuah mobil Concept AR. Mobil ini merupakan satu dari tiga mobil konsep (Concept AR, Concept GC-PHEV dan Concept XR-PHEV) yang sudah diperkenalkan terlebih dulu di Tokyo Motor Show 2013 lalu.

Mitsubishi Concept AR ini rupanya berhasil menyedot animo pengunjung IIMS 2014. Keunikan mobil ini ada pada karakternya yang menggabungkan Sport Utility Vehicle saat bermanuver dengan kelegaan ruangan khas Multi Purpose Vehicle.

Mobil masa depan ini rupanya menggunakan dua sumber penggerak utama, yakni mesin 1.100 cc tiga silinder segaris direct injection turbocharged MIVEC, yang dikawinkan dengan low-output BSG (Belt Start Generator) torque circuit.

Kendaraan ini bakal digadang-gadang sebagai mobil ramah lingkungan dan hemat bahan bakar.

Tata Motors


Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) juga menghadirkan dua mobil konsep terbarunya di IIMS 2014. Mobil besutan pabrikan otomotif asal Negeri Hindustan ini diberi nama Tata Nexon, dan Tata Zest.

Menurut Presiden Direktur TMDI, Biswadev Sengupta, Nexon merupakan sebuah compact SUV yang tenaganya disuplai mesin bensin 1.2 liter smart-boosted, dan motor listrik penggerak kedua roda belakang untuk kemampuan berkendara secara 4WD –sistem penggerak terbaru hasil pengembangan Tata Motors.

Mesin bensin tiga silinder yang digunakan ini sanggup menghasilkan tenaga puncak sebesar 81 kW dengan torsi maksimal mencapai 170 Nm. Dengan adanya torsi tambahan sistem penggerak 4WD yang digelontorkan oleh motor listrik dari kedua roda belakangnya, Tata Nexon sanggup melesat hingga kecepatan 180 km per jam.

Bicara eksterior, Tata Nexon dirancang dengan kesan minimalis dan modern yang terinspirasi dari kombinasi warna jalanan perkotaan, yakni berwarna langit. Sementara tampilan interior dan eksterior tampak harmonis dengan perpaduan warna neutral grey dan garis aksen dengan kelir putih.

Tata Zest

Sementara Zest merupakan kendaraan berbentuk padat yang diklaim terbaik di kelasnya dan merupakan gambaran masa depan desain mobil-mobil Tata Motors.

Zest dibekali mesin Revotron 1.2 T  turbocharged multipoin fuel injection MPFi. Ini merupakan teknologi mesin bensin pertama di keluarga Tata Motors. Dengan mesin itu Zest sanggup menghasilkan tenaga 90hp pada 5.000rpm dan torsi 140Nm di 1.750-3.500 rpm. Sedangkan kecepatan akhir dapat dicapai hingga 154 kilometer per jam.

Daihatsu

Daihatsu rupanya menjadi APM yang memboyong kendaraan konsep terbanyak. Di perhelatan IIMS 2014 ini, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menghadirkan lima mobil konsep. Kelima mobil konsep itu yakni, SUV (Sport Utility Vehicle), UFC-3 (Ultra Function Compact), AylaGT2, dan CUV-2.

Menurut Agus Nardianto, Head Public Relation PT ADM, hadirnya deretan mobil konsep di acara pameran ini, diakuinya, bukan hanya sekedar memamerkan mobil konsepnya saja, melainkan sebagai salah satu cara untuk menarik pengunjung dan mengukur seberapa besar minat mereka agar mobil konsep menjadi kenyataan.



UFC-3 merupakan mobil konsep yang dirancang sebagai mobil kompak MPV kapasitas tujuh penumpang dengan desain stylish dan elegan. UFC-3 memiliki penggerak roda depan yang disempurnakan dengan teknologi mobil kompak Daihatsu.

Sementara, CUV2 tampil dengan konsep desain advanced & tough, cocok sebagai kendaraan cross-over bagi penyuka petualangan yang tangguh untuk berbagai kondisi jalan. Tampilan eksterior dengan warna matte doff yang sporty serta interior yang berkesan futuristic-elegant membuat mobil ini tampak tangguh sebagai mobil masa depan.



Begitu juga dengan SUV yang tampil gagah dan tangguh, hadir dengan konsep masculine and futuristic sebagai SUV dengan kapasitas lapang untuk tujuh penumpang. Daihatsu memperkenalkan sebuah model konsep yang menunjukan bentuk masa depan dari sebuah kendaraan SUV yang sebenarnya.



Sementara Ayla GT2, merupakan mobil LCGC yang didesain khusus oleh putra bangsa. Berbeda dengan mobil sejenisnya, Ayla GT2 hadir dengan full sport aerokit dengan interior bernuansa putih yang sporty menjamin kenyamanan lima penumpang. (ms)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya