Rencana Pemerintah Hapus Mobil Murah Ditanggapi Beragam Masyarakat

Mobil Keluarga Murah di IIMS 2013
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews
Baru Comeback, Park Bo Ram Meninggal Dunia di Usia 30 Tahun
- Presiden Terpilih Joko Widodo (Jokowi) berencana menghapuskan insentif pajak mobil murah ramah lingkungan, atau
Low Cost Green Car
Ikhlas Pangkal Sukses: Catatan Kecil tentang Prabowo Subianto
(LCGC).
Nasib Pilu Warga Gaza, Tank dan Roket Israel Masih Terus Menyerang saat Momen Idul Fitri
Jokowi menganggap, program mobil murah telah salah kaprah, dan dituding menjadi biang kerok kemacetan di Ibu Kota.

Rencana pemerintah baru ini rupanya mendapat beragam tanggapan oleh konsumen yang tengah memburu mobil LCGC di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014, JIExpo, Kemayoran, Jakarta.


"Nggak masalah sih. Meski nantinya harga mobil murah naik, saya pikir ini kebijakan yang perlu didukung, karena kemacetan memang menjadi momok kita bersama," kata Budi, warga Pasanggrahan, Jakarta Selatan, saat berbincang dengan
VIVAnews
, Selasa 23 September 2014.


Menurut Budi, walau harga naik, masyarakat akan tetap membeli mobil. Sebab, lanjutnya, saat ini kendaraan sudah menjadi kebutuhan yang cukup penting untuk menunjang aktivitas mereka.


"Apalagi warga Jakarta, setiap mobil baru saja diluncurkan, kita sudah bisa melihat di jalan raya. Artinya, orang mudah untuk membeli," lanjut Budi.


Sementara itu, Rangga, warga Depok, Jawa Barat, mengaku keberatan jika nantinya tidak ada lagi mobil murah yang dapat dijangkau oleh masyarakat berpenghasilan sedang.


"Sekarang kita bisa beli, karena harganya masih terjangkau. Tetapi, kalau harganya sudah nggak murah, yah tidak bisa beli mobil," ujar Rangga.


Sekadar diketahui, jika program LCGC dihentikan, artinya pemerintah baru akan mencabut diskon Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) kendaraan bermotor bagi LCGC yang berkisar 0-75 persen.


Insentif ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah No 41/2013 tentang PPnBM Kendaraan Bermotor dan LCGC. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya