Agya Ini Disulap Jadi Mobil Test Drive Digital

Agya Simulator
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi

VIVAnews - Di hajatan otomotif tahunan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014, PT Toyota Astra Motor rupanya tak hanya menghadirkan varian anyar, mobil masa depan, atau sekedar memberikan diskon. Sebab, Toyota juga menyediakan alat simulator.

Tak tanggung-tanggung, agar seperti aslinya, simulator ini menggunakan basis mobil murah ramah lingkungan keluaran Astra, yakni Toyota Agya.

Mobil mungil nan irit ini sedikit dirombak, terutama pada bagian lingkar kemudi, pedal gas, rem, dan kopling, serta dashboard pada bagian penumpang depan.

Selain itu, Agya ini juga disematkan sebuah display monitor pada bagian depan, satu uni CPU, Bracket, dan sebuah Headset Virtual Reality (VR), Oculus Rift.

Untuk simulator ini, pengunjung diberikan kesempatan mencobanya secara gratis dengan menggunakan Oculus Rift untuk melihat jalur yang telah di program.

Menariknya, simulator ini membuat si pengemudi seperti sedang mengendarai Agya sungguhan dengan rute jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta. Tak hanya itu, agar terasa lebih nyata, terdapat juga mobil lainnya yang ikut lalu lalang.

Tentu saja, meski ini hanya simulator, namun unsur hati-hati berkendara harus tetap diaplikasikan di dunia nyata.

"Oculus Rift memang barang langka, di Indonesia saja alat ini cuma ada tiga uni. Ini diproduksi oleh NASA, biasanya digunakan pada simulator pesawat," ujar seorang petugas, Ivan kepada VIVAnews.

Ivan merupakan salah seorang tim dari modifikasi Signa Costum. Di mana, rumah modifikasi ini yang mengubah kembaran Ayla menjadi alat simulator.

"Jadi jelas, jika berada dan menggunakan alat ini, pengunjung seperti melakukan test drive lebih real," kata Ivan.

Namun tetap saja, dari pantauan VIVAnews, orang yang penasaran dengan simulator ini datang dari kaum muda, bahkan anak-anak. (asp)

2 Transgender Thailand Mencari Pembebasan dari Dinas Wajib Militer

Ford Fiesta nekat melewati jalur Taman Nasional Bromo

Ford Fiesta Nekat Tembus Jalur Bromo, Berujung Tersangkut di Rawa

Sebuah video menunjukkan pengendara mobil Ford Fiesta memaksakan diri untuk melewati jalur kawasan Bromo. Namun, berakhir nahas.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024