Cara Ampuh Rawat Ban Mobil Agar Awet dan Tak Meledak

Ban mobil
Sumber :
VIVAnews
Penembakan di Bandara Internasional Kuala Lumpur: Bodyguard Luka Parah, Pelaku Kabur
- Peran ban pada sebuah mobil sepertinya tidak boleh disepelekan, lantaran ban termasuk bagian yang vital.

Serunya Main Salju di Jungleland Adventure Bogor, Cuma Rp25 Ribu

Tak heran jika kemudian, bagian itu memerlukan perawatan ekstra, agar performanya tetap mumpuni dan tak meledak saat melesat di jalan raya.
Jonatan Christie Won BAC 2024 After Defeating Li Shi Feng


Technical Service
Dunlop, Iwan Indrawan, memberikan beberapa tips mudah untuk merawat ban agar awet muda.


Menurut Iwan, pemilik kendaraan wajib memantau tekanan angin pada ban mobilnya sesuai dengan anjuran dan ukuran, yakni 26-35 psi (
passenger cars
).


Kata Iwan, dengan tekanan angin yang cukup, bidang kontak ban lebih baik dan merata, sehingga lebih tahan lama. Jika tekanan angin tidak merata, pengikisan ban akan cepat terjadi dan menyebabkan ban aus atau pecah.


"Ban itu salah satu nyawa mobil, karena bagian dari penyangga beban. Kalau angin kurang atau berlebih tentu akan bermasalah. Maka itu wajib dijaga," tutur Iwan, saat berbincang dengan
VIVAnews
, Kamis 25 September 2014.


Selain tekanan angin, pemilik mobil dikatakan wajib uji
spooring
dan
balancing
setiap dua pekan sekali untuk mengetahui keselarasan roda dan putaran roda pada titik yang sama, mengingat kondisi jalan di Jakarta yang berbeda-beda. Karena biasanya, setiap jarak 5.000 km tekanan ban selalu berkurang 2-3 psi.


"Lalu, pengemudi juga wajib menjaga perilakunya saat berkendara, seperti tidak ugal-ugalan atau 'rajin' ngebut. Karena bawa mobil dengan kecepatan tinggi dapat memperpendek usia ban," lanjutnya.


Pengemudi juga diminta agar tidak kerap melakukan pengereman mendadak dan mengurangi bobot berlebih yang akan menambah beban pada mobil. "Mengemudi sebaiknya yang wajar-wajar saja. Mengemudi dengan perilaku tidak ngebut akan menjaga kantong tidak boros," candanya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya