Pakai "Robot", Ini Sistem Parkir Canggih di RSCM

Parkir susun di RSCM.
Sumber :
  • tvOne
VIVAnews
BMW Cetak Sejarah Baru di Indonesia
– Pemerintah Kota Jakarta kini sedang sibuk merevitalisasi berbagai sudut jalan yang kerap beralih fungsi menjadi lahan parkir liar. Sebagai upaya, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, baru-baru ini mencoba menerapkan mesin parkir meter dan baru diterapkan di Jalan Sabang, Jakarta Pusat.

Kemenkominfo Mengadakan Chip In “Periksa Fakta Sederhana”

Namun, sepertinya ada solusi sistem parkir canggih yang patut menjadi referensi Pemerintah DKI Jakarta di tengah kebingungannya, yakni sistem parkir susun atau
Harga Emas Hari Ini 27 April 2024: Emas Antam Kinclong di Akhir Pekan
Puzzle Parking . Sistem parkir ini rupanya telah diterapkan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Kencana, Jakarta Pusat.


Untuk memarkir mobil, sang pemilik kendaraan tak perlu risau, karena ada bantuan robot yang membantu proses parkir. Robot yang dimaksud bukanlah seperti yang dibayangkan, melainkan
lift
mobil yang bisa memarkirkan kendaraan-kendaraan secara otomatis dengan bantuan seorang operator.


Meski lapak parkir rumah sakit itu hanya seluas 176 meter persegi, tempat parkir dapat menampung hingga 96 mobil dengan susunan 12 lantai.



Waktu untuk sekadar memarkirkan mobil pun tak lama. Pihak operator mengklaim jika hanya dibutuhkan waktu kurang dari satu menit. Adapun, syarat mobil yang parkir di tempat tersebut tak boleh memiliki panjang lebih dari lima meter dan bobot kurang dari 2,5 ton.


Tak hanya di Indonesia, sistem parkir susun rupanya juga telah diterapkan di sejumlah negara, seperti halnya di Asia, antara lain Korea Selatan, Hong Kong, Singapura, dan Jepang. Sementara itu, di Eropa, negara-negara yang menerapkan sistem parkir ini ialah Inggris dan Jerman. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya