Ini Perbedaan Yamaha R25 Indonesia dengan Versi Jepang

Ekspor perdana Yamaha R25 ke Jepang, Jumat (17/10/2014).
Sumber :
  • Foto: VIVAnews/Rendra Saputra

VIVAnews - Yamaha Indonesia melakukan ekspor motor sport andalannya, R25 ke Jepang. Ekspor perdana ini sekaligus menandai motor 'Baby M1' ini telah siap melakoni debut di luar negeri.

Meski sama-sama R25, namun rupanya ada beberapa perbedaan antara motor ekspor dan motor yang dijual di Tanah Air. Meski tak dominan, perbedaan yang paling terlihat ada pada striping dengan tampilan yang berbeda.

"Selain striping, perbedaannya ada pada standar sampingnya atau Side stand switch. Selain itu, R25 versi Jepang tidak ada braket pelat nomor di depannya, serta spakbor samping versi Jepang ada mata kucingnya," tutur Mohammad Masykur, Asistance General Manager Marketing Yamaha Indonesia, di Pulo Gadung, Jakarta, Jumat 17 Oktober 2014.

Selain perbedaan itu, lanjut Masykur, sepenuhnya R25 yang diekspor ke Jepang sama dengan versi Indonesia, termasuk pada sektor dapur pacu dan bodinya.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman

"Untuk varian warna juga sama, yakni merah, hitam dan biru. Cuma, yang biru agak berbeda saja," tambahnya.

Meski postur orang Jepang tak tinggi, motor ini juga dikatakan tak mengalami perubahan dan lebih pendek dari penampilan awalnya. Hal ini juga tidak dipermasalahkan lantaran R25 memang sudah dirancang secara global baik untuk pasar Asia maupun Eropa.

Sulit tembus Jepang

Langkah ekspor R25 ke Negeri Sakura rupanya tak semudah yang dibayangkan. Menurut GM Service & Motor Sport Yamaha Indonesia, M Abidin, Jepang merupakan negara yang sangat ketat untuk urusan kualitas.

"Kami memang diberikan kesempatan untuk merambah pasar di sana oleh Yamaha Motor Corporation (YMC), tetapi memang tidak mudah," tutur M Abidin.

Dijelaskannya, untuk urusan buku petunjuk saja, Yamaha Indonesia harus mencantumkan segala sesuatunya dengan benar. Salah satu koma saja, lanjut Abidin, pihaknya langsung disuruh untuk melakukan revisi. Tetapi, kini Yamaha mengaku bersyukur telah berhasil melewati masa-masa itu.

"Kami memang sengaja mencari pasar yang sulit terlebih dahulu (Jepang), karena nantinya akan mudah saat masuk ke wilayah-wilayah lain seperti Amerika, Eropa, dan Asia," tutupnya.

Baca juga:

Putra Tamara Bleszynski Ditabrak Orang Tak Bertanggung Jawab di Depan Rumah

Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024