Hadapi Musim Hujan, Ban Mobil Apa yang Cocok?

Ban gundul (kiri)
Sumber :
  • www.autoevolution.com

VIVAnews - Penghujung tahun di Indonesia identik dengan musim hujan. Meski belum terjadi, tak ada salahnya untuk mempersiapkan segala sesuatunya sejak dini. Seperti mempersiapkan ban yang sesuai, khususnya apabila kembang pada ban mobil Anda sudah menipis dan perlu diganti.

Dilansir dari situs consumerreports.org, Jumat, 17 Oktober 2014, ban yang aman digunakan dalam kondisi jalanan basah dan kering adalah ban tipe all weather atau all seasons.

Ban ini dinilai cocok lantaran memiliki kompon sedikit keras dan banyak alur dengan desain khusus yang bisa membuang air dengan cepat, sehingga cengkeraman dapat tetap terjaga.

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

Kemudian saat hendak membeli, jangan lupa perhatikan empat hal. Apa saja? Berikut ulasannya:

1. Dahulukan keselamatan. Jangan tergiur dengan ban merek tertentu yang harganya murah, namun tidak sesuai dengan kondisi jalan yang sering Anda lalui. Cari informasi mengenai uji coba ban, mulai dari pengendalian hingga kemampuannya menepis air. Jadikan daya tahan, tingkat kebisingan, dan kenyamanan sebagai faktor penunjang.

2. Perhatikan garansi yang diberikan. Kebanyakan produsen hanya memberikan garansi kerusakan hanya saat mobil digunakan di jalan mulus, dan bukan akibat benturan atau masuk lubang.

3. Bandingkan harga. Tidak semua penjual mematok harga yang sama. Terkadang harga bisa lebih mahal tapi pembeli mendapat bonus berupa balancing, pentil atau gratis isi nitrogen selama jangka waktu tertentu.

4. Perhatikan kode produksi ban. Di dinding ban akan ada empat angka yang menunjukkan kapan ban tersebut dibuat. Dua angka pertama menunjukkan minggu, dua angka berikutnya adalah tahun pembuatan. Jangan membeli ban yang usia produksinya lebih dari dua tahun, karena kemampuannya bisa jadi menurun. Harga ban produksi lama juga cenderung lebih murah. (ren)

Laporan: Krisna Wicaksono

Baca juga:

Bopeng Parah Bekas Jerawat Ternyata Bisa Disiasati Buat Dihilangkan, Begini Caranya
Han So Hee.

Han So Hee vs Hyeri: Drama Cinta Segitiga Ryu Jun Yeol Kembali memanas!

Han So Hee lagi-lagi menjadi sorotan pengguna media sosial. Kali ini, Han So Hee disebut menyerang Hyeri melalui unggahannya pada Jumat pagi 29 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024